6 Minuman untuk Mood Booster yang sekaligus Menyehatkan Tubuh

Minggu, 14 April 2024 | 20:00 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
6 Minuman untuk Mood Booster yang sekaligus Menyehatkan Tubuh

ILUSTRASI. Coklat panas


Minuman untuk Mood Booster  - JAKARTA.Pahami beberapa minuman yang dapat meningkatkan suasana hati tubuh. Memperbaiki mood atau memicu perasaan positif bisa membantu meningkatkan kinerja dalam kegiatan sehari-hari.

Mood booster merupakan segala sesuatu yang dapat meningkatkan suasana hati atau menimbulkan perasaan positif seseorang.

Faktor pendukung mood bisa berupa aktivitas, makanan, minuman, atau hal-hal lain yang bisa memperbaiki perasaan bahagia, kenyamanan, atau semangat seseorang.

Perubahan dalam suasana hati bisa dipengaruhi oleh berbagai hormon yang bertanggung jawab atas regulasi perasaan dan mood seseorang.

Baca Juga: 7 Makanan Pembakar Lemak Perut, Tetap Nikmat Dimakan

Hormon dopamin membuat bahagia

Beberapa hormon yang memiliki peran penting dalam mempengaruhi mood adalah:

  • Serotonin: Ini merupakan salah satu hormon neurotransmitter yang memainkan peran kunci dalam mengatur suasana hati. Tingkat serotonin yang seimbang dalam otak dikaitkan dengan perasaan bahagia, tenang, dan relaks.
  • Dopamin: Dopamin adalah hormon neurotransmitter lain yang terlibat dalam regulasi suasana hati. Hormon ini terkait dengan sistem hadiah di otak dan bertanggung jawab atas perasaan senang dan puas. Peningkatan kadar dopamin dapat menyebabkan perasaan euforia dan kebahagiaan.
  • Endorfin: Endorfin adalah hormon yang berperan dalam mengurangi rasa sakit dan meningkatkan perasaan bahagia. Aktivitas fisik, seperti olahraga, dapat merangsang pelepasan endorfin dan memberikan efek positif pada mood.
  • Oksitosin: Oksitosin sering disebut sebagai hormon cinta atau hormon sosial karena berperan dalam membentuk ikatan emosional antara individu. Pelepasan oksitosin dapat terjadi selama berinteraksi dengan orang-orang terdekat, seperti dalam hubungan romantis, persahabatan, atau saat merawat anak.

Tentu, Anda bisa mendapatkan mood booster Anda melalui berbagai kegiatan yang meningkatkan hormon yang berkaitan.

Minuman untuk Mood Booster

Dalam konteks minuman, ada beberapa minuman yang diketahui dapat berfungsi sebagai mood booster karena kandungan nutrisi atau senyawa tertentu yang dapat mempengaruhi suasana hati dan meningkatkan energi.

Anda bisa menemukan mood booster setelah meminum beberapa rekomendasi berikut dilansir cari Calmer.

1. Minuman Smoothie Yogurt

Smoothie yang mengandung yogurt dapat memberikan dorongan semangat karena yogurt mengandung probiotik yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, yang mana kesehatan pencernaan ini erat kaitannya dengan kesejahteraan mental.

2. Air Kelapa

Minuman air kelapa mengandung elektrolit alami yang dapat membantu tubuh tetap terhidrasi dengan cepat, dan tubuh yang terhidrasi dengan baik dapat berkontribusi pada perasaan yang lebih baik.

3. Teh Kamomil

Teh kamomil memiliki efek menenangkan yang dapat membantu meredakan stres dan kecemasan, serta meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Teh jahe mint

4. Teh Kunyit

Salah satu jenis teh yang memberikan dorongan suasana hati adalah teh kunyit. Antioksidannya dapat mengurangi jenis stres yang sering kali terkait dengan perasaan depresi.

5. Kaldu Tulang

Kaldu tulang dapat membantu menghentikan sinyal neurotransmiter di otak yang terkait dengan tanda-tanda kecemasan, membawa rasa relaksasi ke tubuh.

6. Minuman Cokelat Hangat

Saat merasa ingin sesuatu yang manis, minuman cokelat hangat bisa menjadi pilihan. Manfaat minuman cokelat termasuk mengurangi stres, meningkatkan daya ingat, dan bahkan menurunkan peradangan.

Perlu diingat bahwa respons terhadap minuman yang meningkatkan suasana hati bisa berbeda-beda pada setiap individu. Jika Anda mengalami perubahan suasana hati yang berkepanjangan atau masalah kesehatan mental, sebaiknya berkonsultasi dengan profesional kesehatan yang terlatih.

Itulah sederet informasi terkait beberapa minuman untuk mood booster yang mudah dijumpai di sekitar Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru