6 Tips menghemat daya listrik saat menggunakan AC

Jumat, 14 Mei 2021 | 18:00 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
6 Tips menghemat daya listrik saat menggunakan AC

KONTAN.CO.ID - AC atau air conditioner adalah peralatan elektronik dengan konsumsi daya listrik terbesar di iklim tropis. Terutama cuaca panas di Indonesia membuat kita ingin terus menggunakan AC.

Namun, penggunaan AC secara terus menerus tak dipungkiri membuat tagihan listrik membengkak. 

Untuk itu, diperlukan tips menghemat daya listrik saat menggunakan AC.

6 Tips hemat listrik saat menggunakan AC 

Dikutip dari laman Asiaone, berikut 6 tips untuk menghemat daya listrik saat menggunakan AC: 

1. Jangan terlalu sering menyalakan dan mematikan AC

Beberapa orang mungkin mematikan AC ketika suhu ruangan mencapai sekian derajat Celcius tertentu untuk menghemat daya listrik. 

Namun, terlalu sering mematikan dan menghidupkan AC berulang kali justru dapat membuat boros daya listrik lantaran menambah beban kompresor pada AC saat dinyalakan kembali. 

Oleh karena itu, jika Anda merasa terlalu dingin, Anda tinggal menaikkan suhu. Lalu, sesuaikan kekuatan kipas ke sedang atau rendah saat suhu ruangan nyaman.

Saat Anda meninggalkan ruangan sebentar, lebih baik menaikkan suhunya daripada mematikannya untuk menghemat listrik. 

Baca Juga: Ini pola makan aman saat Lebaran, yang perlu penderita jantung koroner terapkan

2. Sesuaikan suhu lebih tinggi sebelum tidur dan matikan satu jam sebelum bangun

Saat bangun tidur di pagi hari, kita sering merasa kedinginan saat menggunakan AC. Hal ini lantaran saat tidur, suhu tubuh manusia akan sedikit turun. 

Agar tidur lebih nyaman, maka atur AC di suhu ruangan yakni pada 25-28 derajat Celcius. Kemudian, matikan AC dengan timer satu jam sebelum bangun tidur. 

3. Naikkan suhu 1 derajat C untuk menghemat listrik sebesar 10%

Suhu ruangan yakni 25-28 derajat Celcius membuat orang merasa paling nyaman. Cobalah untuk menjaga suhu AC dalam kisaran ini.

Jika temperatur disetel terlalu rendah maka kompresor AC perlu bekerja dengan daya tinggi dalam waktu lama yang akan membuat AC lebih cepat rusak. 

Selain itu, beberapa survei menunjukkan bahwa setiap peningkatan suhu AC sebesar 1 derajat Celcius dapat menghemat sekitar 7 hingga 10% daya listrik.

Baca Juga: Coba 7 tips ini agar bebas dari kebiasaan berhutang dan mudah diterapkan

4. Matikan sakelar daya

Tips menghemat daya listrik saat menggunakan AC yakni matikan sakelar daya peralatan elektronik saat tidak digunakan. Peralatan listrik masih dalam keadaan standby jika Anda mematikannya hanya dengan menggunakan remote control. 

Matikan sakelar daya utama jika Anda ingin menghemat pemakaian listrik. Sebab, daya cadangan menyumbang 5 hingga 10% dari total konsumsi listrik rumah tangga. 

5. Pendinginan dengan kipas

Manfaatkan perputaran kipas sebaik-baiknya saat menggunakan AC. Anda bisa merasakan satu hingga dua derajat lebih rendah dari suhu AC yang disetel.

Prinsipnya adalah menggunakan kipas untuk memperkuat sirkulasi udara dalam ruangan, dan mempercepat laju pendinginan. Temperatur yang sesuai dapat mempercepat penyebaran udara bersuhu rendah ke seluruh ruangan.

Jika Anda ingin menyamakan suhu dalam ruangan, Anda dapat menempatkan kipas angin dan AC pada sisi yang sama, menghadap kipas secara diagonal.

Lalu miringkan ke atas 45 derajat untuk meningkatkan sirkulasi udara, dan menyalurkan AC ke sudut atas ruangan, sehingga meningkatkan efisiensi AC.

6. Pemeliharaan AC musiman

Lakukan pemeliharaan AC secara berkala. Atur AC dalam mode suplai udara dan nyalakan selama sekitar empat jam agar bagian internal mengering sebelum melakukan pemeliharaan secara berkala. 

Itulah tips menghemat daya listrik saat menggunakan AC.

Selanjutnya: Anak kecanduan gadget? Begini 3 cara mudah mengatasinya

 

 

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru