7 Cara Menjaga Kesehatan Jantung yang Perlu Anda Lakukan, Yuk

Sabtu, 25 Juni 2022 | 14:10 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
7 Cara Menjaga Kesehatan Jantung yang Perlu Anda Lakukan, Yuk


KESEHATAN - Jantung adalah salah satu organ vital yang mempunyai peran penting dalam tubuh. Oleh sebab itu, Anda wajib menjaga kesehatan jantung agar dalam berfungsi secara normal. Ada beberapa cara menjaga kesehatan jantung yang mudah untuk Anda lakukan. 

Pasalnya, salah satu cara menjaga kesehatan jantung yang bisa Anda lakukan adalah merubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Mulai dari menjaga asupan makanan, tidur teratur, olahraga dan masih banyak lagi. 

Jantung mempunyai peran penting dalam tubuh, salah satunya berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, menjaga kesehatan jantung sangatlah penting. 

Baca Juga: 5 Cara Melangsingkan Badan Secara Alami, Yuk Coba!

Terdapat beberapa cara dan tips menjaga kesehatan jantung yang bisa Anda lakukan yang dilansir Health berikut ini: 

Mengelola Stres 

Stres berat bisa meningkatkan risiko munculnya penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan berbagai penyakit serius lainnya. Oleh karena itu penting untuk bisa mengelola stres agar terhindar dari berbagai penyakit tersebut, khusunya menjaga kesehatan jantung. 

Olahraga Rutin

Berolahraga secara rutin merupakan salah satu cara menjaga kesehatan jantung yang sangat bisa Anda lakukan dengan mudah. Anda bisa memilih berbagai macam olahraga yang Anda sukai sekaligus bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: PSIS Semarang vs PSS Sleman, Simak Jadwal Lengkap Piala Presiden Rabu 24 Juni 2022

Diet

Beberapa program diet juga bisa menjaga kesehatan jantung loh. Salah satunya diet DASH. Penelitian menunjukkan bahwa DASH menurunkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan kolesterol, mengurangi risiko penyakit jantung. 

Tidur yang Cukup

Mengatur pola tidur yang cukup juga baik untuk kesehatan jantung. Tidur yang cukup akan membuat tubuh bisa beristirahat dengan maksimal sehingga organ-organ termasuk jantung pun tidak selalu bekerja keras.

Kebutuhan setiap orang sedikit berbeda, tetapi National Sleep Foundation merekomendasikan bahwa kebanyakan orang dewasa tidur antara tujuh dan sembilan jam setiap malam. 

Jangan Merokok

Berhenti merokok adalah salah cara yang bijak untuk menjaga kesehatan jantung dan organ tubuh lainnya. 

Pasalnya, Merokok meningkatkan tekanan darah Anda dan menempatkan Anda pada risiko yang lebih tinggi untuk mengalami serangan jantung dan stroke.

Baca Juga: Cara Ampuh Menghilangkan Kantung Mata, Coba Gunakan 4 Bahan Alami Ini

Hindari Konsumsi Alkohol Berlebihan

Cara menjaga kesehatan jantung selanjutnya Anda bisa mengurangi atau hindar mengkonsumsi alkohol yang berlebihan. Jika sulit, cobalah untuk mengkonsumsi alkohol di acara spesial saja jangan sampai setiap hari karena akan memburuk kondisi kesehatan Anda.

Konsultasi dengan Dokter Secara Teratur

Berkonsultasi dengan dokter secara teratur adalah hal yang sangat efektif untuk menjaga kesehatan jantung. Periksalah tekanan darah, kolesterol, gula darah dan sebagainya secara teratur agar kesehatan tubuh bisa terus terpantau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru