8 Cara Mengusir Semut Agar Tidak Datang Lagi yang Bisa Dicoba

Selasa, 18 Januari 2022 | 16:06 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
8 Cara Mengusir Semut Agar Tidak Datang Lagi yang Bisa Dicoba

ILUSTRASI. Ilustrasi cara mengusir semut agar tidak datang lagi-dok.flickr


KONTAN.CO.ID -Jakarta. Semut yang berkerumun di dalam rumah bisa menjadi gangguan besar. Untuk itu, ada sejumlah cara mengusir semut yang bisa Anda coba. 

Salah satunya adalah menjaga kebersihan rumah. Sebab, semut yang ada di rumah biasanya mengerubungi remah-remah makanan di lantai bahkan bisa masuk ke dalam plastik wadah makanan yang belum dibuka. 

Hal ini tentu saja menimbulkan kerepotan lantaran kita harus membersihkan makanan dari semut-semut tersebut sebelum memakannya. 

Lantas, bagaimana cara mengusir semut agar tidak datang lagi? 

Baca Juga: Yuk, Ketahui Ciri-Ciri Tanah yang Subur untuk Ditanami

8 Cara mengusir semut agar tidak datang lagi

Dirangkum dari laman NDTV Food, berikut 8 cara mengusir semut agar tidak datang lagu menggunakan bahan alami: 

1. Kapur

Salah satu cara mengusir semut di rumah adalah dengan menggunakan kapur. Kapur mengandung kalsium karbonat, yang membantu mengusir semut. 

Semprotkan sedikit bubuk kapur di area yang menjadi titik masuk semut atau buat garis kapur di pintu masuk. Pastikan Anda membuat garis yang jauh dari jangkauan anak-anak di rumah.

2. Lemon

Cara mengusir semut di rumah selanjutnya adalah dengan menggunakan lemon. Cara mengusir semut dengan lemon yakni peras lemon atau tempatkan kulit lemon di tempat semut masuk. Anda juga bisa mengepel lantai dengan air yang sudah ditambahi sedikit air lemon. 

Semut rupanya tidak menyukai bau sari lemon sehingga mereka akan menjauh. Apa pun yang asam dan pahit dapat menjauhkan semut. 

Baca Juga: 8 Cara Mengatasi Takut Jarum Suntik saat Vaksin Covid-19 pada Anak Usia 6-11 Tahun

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru