8 Manfaat Buah Srikaya bagi Kesehatan Tubuh, Catat Ya!

Rabu, 08 Februari 2023 | 20:15 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
8 Manfaat Buah Srikaya bagi Kesehatan Tubuh, Catat Ya!


KESEHATAN - Manfaat buah srikaya untuk kesehatan tubuh cukup menarik perhatian untuk diketahui. Selain itu, beberapa manfaat buah srikaya untuk kesehatan juga telah teruji klinis.

Banyaknya manfaat buah srikaya untuk kesehatan tak lepas dari melimpahnya kandungan nutrisi buah tersebut.

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah srikaya di antaranya seperti protein, serat, vitamin C, vitamin B, kalsium, magnesium, zat besi dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Sudah Tahu Manfaat Buah Kelapa untuk Kesehatan? Simak Ya!

Selain itu, buah srikaya juga mempunyai rasa manis yang enak untuk dikonsumsi secara langsung. Bahkan, buah srikaya juga kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan, salah satunya jus.

Lalu apa saja manfaat buah srikaya untuk kesehatan?

Melansir dari Vegan Diet Society, berikut beberapa manfaat buah srikaya untuk kesehatan:

1. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Salah satu manfaat buah srikaya untuk kesehatan di antaranya mampu menurunkan kolesterol tinggi. Hal tersebut dikarenakan buah srikaya memiliki kandungan niasin yang efektif menurunkan kolesterol tinggi.

Baca Juga: Simak Ya! 7 Manfaat Biji Adas Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Selain itu, buah srikaya juga mengandung banyak serat yang mampu melancarkan sistem pencernaan. Serat dalam buah srikaya tersebut juga mampu mencegah sembelit dan berbagai masalah pencernaan lainnya.

3. Mencegah Diabetes

Mengkonsumsi buah srikaya juga bermanfaat untuk mencegah penyakit gula darah tinggi atau diabetes. Pasalnya, buah srikaya mengandung banyak serat yang mampu memperlambat laju penyerapan gula darah dalam tubuh sehingga dapat terhindar dari diabetes.

Baca Juga: 7 Manfaat Ikan Nila untuk Kesehatan Tubuh, Catat Ya!

4. Mencegah Asma

Selain mempunyai banyak serat, buah srikaya juga kaya akan vitamin C. Dengan kandungan vitamin C yang dimiliki srikaya, tentunya hal ini dapat menjadikan srikaya pencegah beberapa penyakit, seperti asma.

5. Menurunkan Hipertensi

Tak hanya efektif menurunkan kolesterol tinggi. Mengkonsumsi buah srikaya juga mampu menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hal tersebut dikarenakan buah srikaya mengandung kalium yang berperan dalam menurunkan tekanan darah dalam tubuh manusia.

Baca Juga: 5 Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis, Cek Ya!

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah srikaya mengandung vitamin B yang bermanfaat untuk dapat mencegah perkembangan homosistein, dimana homosistein dalam jumlah besar dapat menyebabkan stroke dan penyakit jantung koroner.

Selain itu, mengkonsumsi buah srikaya juga dapat mencegah berbagai gejala penyakit jantung, seperti kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi dan lain-lain.

7. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Manfaat buah srikaya lainnya yaitu mampu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Pasalnya, buah srikaya juga mengandung magnesium yang mampu membantu menjaga kepadatan serta kesehatan tulang dan gigi.

Baca Juga: Lewat TikMate, Ini Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark Gratis

8. Meningkatkan Kesehatan Mata

Manfaat buah srikaya untuk kesehatan yang tak boleh terlewatkan yaitu baik untuk mata. Pasalnya, buah srikaya adalah sumber yang kaya vitamin C dan riboflavin yang dapat membantu mencegah masalah mata tertentu, seperti degenerasi makula, penglihatan yang buruk, rabun senja, dan menjaga penglihatan yang baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru