9 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan, Baik Untuk Mata dan Kulit

Selasa, 08 Maret 2022 | 06:24 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
9 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan, Baik Untuk Mata dan Kulit

ILUSTRASI. Ilustrasi manfaat jagung.


KONTAN.CO.ID - Jagung adalah salah satu tanaman gandum yang menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh manusia dan belum banyak diketahui jika dibandingkan dengan tanaman lainnya. 

Jagung menawarkan berbagai manfaat kesehatan karena memiliki begitu banyak mineral dan nutrisi lain di dalamnya. 

Selain itu jagung juga enak untuk dikonsumsi baik dengan cara direbus, bakar, atau bahkan diolah menjadi berbagai jenis makanan yang tidak kalah lezat. 

Baca Juga: Ketahui 5 Makanan yang Mengadung Vitamin E Tinggi Baik untuk Kesehatan

Makanan olahan jagung tersebut seperti popcorn, keripik, sup, hingga dibuat juga sebagai penyedap rasa. 

Jagung mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan seperti karbohidrat, lemak sehat, protein, vitamin C, vitamin E, vitamin A dan kandungan nutrisi lainnya. 

Melansir dari The Indian Med, ada beberapa manfaat mengkonsumsi jagung dan baik untuk kesehatan. Di antaranya: 

1. Mencegah wasir

Mengkonsumsi jagung setiap hari bermanfaat untuk mencegah wasir loh. Pasalnya, jagung mempunyai banyak serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan.

2. Baik Untuk Pertumbuhan 

Manfaat jagung selanjutnya yaitu baik untuk pertumbuhan. Pasalnya, Jagung memiliki kandungan vitamin B, tiamin dan niasin dalam jumlah tinggi, yang baik untuk memfasilitasi pertumbuhan. 

Selain itu, Jagung juga dikenal memiliki jumlah asam folat yang tinggi dan karena itu baik untuk ibu hamil. Karena jagung kaya akan Vitamin E, yang merupakan sumber antioksidan alami, jagung melindungi tubuh dari berbagai penyakit, membantu Anda tumbuh tanpa halangan penyakit.

3. Membantu Menambah Berat Badan

Jagung mengandung jumlah kalori yang tinggi, Oleh karena itu dapat digunakan untuk menambah berat badan dengan cepat. Biji-bijian ini dapat digunakan di negara-negara agraris karena dapat tumbuh di hampir semua jenis kondisi.

Baca Juga: 5 Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri yang Perlu Diketahui dan Diwaspadai

4. Mengandung Banyak Mineral

Jagung mengandung banyak mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu jagung juga mengandung zat besi, zinc, fosfor, mangan, magnesium, dan bahkan selenium, yang tidak mudah ditemukan dalam makanan lain.

Magnesium dalam jagung dapat membantu Anda mempertahankan detak jantung yang sehat dan juga meningkatkan kepadatan tulang.

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru