Anda bisa coba, berikut 4 cara mengobati anosmia

Rabu, 06 Oktober 2021 | 19:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Anda bisa coba, berikut 4 cara mengobati anosmia

KONTAN.CO.ID - Anosmia atau penurunan fungsi indra penciuman bisa disebabkan oleh banyak hal. Cobalah beberapa cara mengobati anosmia berikut ini.

Penyebab anosmia banyak, mulai dari infeksi virus corona, polip hidung, alergi, kecelakaan, hingga pengobatan. Jika Anda mengalami masalah kesehatan itu, berikut ini cara mengobati anosmia.

Melansir Healthline, belum ada tes medis yang khusus digunakan untuk mendiagnosa anosmia. Biasanya, dokter akan melihat gejala-gejala yang Anda alami.

Meminta Anda untuk mencium aroma tertentu juga bisa digunakan dokter untuk mendiagnosa kondisi Anda.

Cara-cara di bawah ini penting untuk Anda lakukan supaya kondisi kesehatan tak memburuk. Apabila tak ada hasil yang Anda rasakan, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Apalagi, jika muncul gejala lain yang lebih parah, seperti malnutrisi, berat badan turun, dan lain-lain.

Manfaatkan jahe

Jahe memiliki aroma yang unik sehingga cocok dijadikan cara mengobati anomsia. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan.

Misalnya, cobalah untuk rutin mengonsumsi jahe. Kandungan dalam jahe akan meredakan peradangan di saluran pernapasan sehingga fungsi indra penciuman dapat membaik.

Baca Juga: Inilah nutrisi yang harus dikonsumsi setelah terinfeksi Covid-19

Latihan membau

Mencium aroma kopi bisa jadi cara mengobati anosmia.

Healthline merekomendasikan Anda untuk melatih indra penciuman Anda secara teratur. Anda perlu menyiapkan empat bahan dengan aroma yang kuat, misalnya, essential oil.

Selain essential oil, Anda juga bisa memilih bahan alami lain, seperti kopi, jeruk, minyak kayu putih. Selanjutnya, hirup aroma bahan-bahan yang Anda siapkan, masing-masing selama 20 detik.

Ulangi langkah tersebut sebanyak tiga kali dalam sehari. Usahakan untuk melakukannya secara teratur selama enam minggu supaya hasil yang Anda dapatkan bisa maksimal.

Baca Juga: Bisa jadi obat polip hidung, manfaatkan 5 bahan alami ini

Saline irrigation

Cara mengobati anosmia berikutnya yang bisa Anda jadikan pilihan adalah melakukan saline irrigation. Apalagi, jika anosmia yang Anda alami terjadi karena alergi atau sinusitis.

Melakukan saline irrigation berguna untuk mengeluarkan lendir yang menumpuk dan menyumbat saluran pernapasan.

Gunakan minyak jarak

Anosmia juga bisa Anda obati dengan menggunakan minyak jarak, lo. Asam risinoleat yang terkandung dalam jenis minyak itu mampu meredakan peradangan dan melawan infeksi yang mengganggu saluran pernapasan dan indra penciuman.

Selanjutnya: 4 Juta pasien Covid-19 sembuh, ini cara mengembalikan indra penciuman yang hilang

Editor: Belladina Biananda
Terbaru