Apa itu Kemampuan Problem Solving? Pahami Kriteria, Proses, dan Cara Mengasahnya

Selasa, 30 Januari 2024 | 10:07 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Apa itu Kemampuan Problem Solving? Pahami Kriteria, Proses, dan Cara Mengasahnya

ILUSTRASI. Ilustrasi problem solving


CARI TAHU - JAKARTA. Kenali lebih jauh apa itu kemampuan problem solving dan cara mengasah dengan baik. Tentu, Anda kerap mendengar istilah problem solving dalam beberapa lowongan pekerjaan.

Perlu Anda ketahui, problem solving adalah kemampuan atau proses untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan menyelesaikan masalah. Salah satu jenis soft skill ini melibatkan langkah-langkah sistematis dan kreatif untuk mengatasi hambatan atau kesulitan yang muncul dalam berbagai konteks.

Pemecahan masalah melibatkan serangkaian keterampilan yang saling terkait. Sehingga, hal tersebut dapat dilatih oleh setiap orang sehingga dapat belajar dari berbagai macam pengalaman masalah.

Nah, ada beberapa komponen terkait problem solving mulai dari kriteria, proses, hingga cara mengasah kemampuan ini.

Baca Juga: Pencari Kerja Perlu Paham, Ini Beda CV, Resume, & Portofolio Buat Melamar Kerja

Kriteria problem solving

Berikut adalah penjelasan singkat untuk masing-masing keterampilan yang menciptakan kemampuan problem solving:

  • Anda menjadi Pendengar yang Aktif: Kemampuan untuk mendengarkan dengan penuh perhatian dan memahami informasi dengan baik. Ini membantu dalam mengidentifikasi inti dari masalah dan memahami perspektif orang lain.
  • Anda mengasah Pemikiran Analitis: Keterampilan untuk menganalisis informasi, memecah masalah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, dan mengevaluasi opsi dengan cermat.
  • Bakat dalam Penelitian: Kemampuan untuk mencari informasi, mengumpulkan data, dan mengakses sumber daya yang diperlukan untuk memahami masalah secara menyeluruh.
  • Anda bisa menangani Masalah secara Kreatif: Kreativitas diperlukan untuk menghasilkan ide-ide inovatif dan solusi yang tidak konvensional dalam menghadapi masalah yang kompleks.
  • Anda menjadi Komunikator yang Baik: Kemampuan untuk menyampaikan ide, membagikan informasi, dan berkomunikasi secara efektif dengan orang lain. Komunikasi yang baik membantu kolaborasi dalam menyelesaikan masalah.
  • Anda bisa membuat Keputusan Cepat dan Efektif: Keterampilan untuk mengevaluasi opsi dengan cepat dan membuat keputusan yang efektif. Keputusan yang baik merupakan bagian integral dari proses pemecahan masalah yang berhasil.

Baca Juga: Pengertian Negosiasi: Tahapan, Pendekatan, Jenis, dan Strategi Menghadapi Lawan

Proses Problem Solving

Mandiri Keuangan

Proses ini biasanya melibatkan beberapa tahapan yang perlu Anda pahami, dirangkum dari laman Clevry.

1. Pemahaman Masalah

Langkah awal adalah memahami dengan baik esensi masalah. Ini melibatkan identifikasi akar penyebab, efek, dan aspek-aspek penting lainnya yang terkait dengan masalah tersebut.

2. Analisis Masalah

Setelah memahami masalah, langkah selanjutnya adalah menganalisisnya secara mendalam. Ini mencakup mengumpulkan data, mengidentifikasi pola, dan mengevaluasi informasi yang relevan untuk merinci karakteristik masalah.

3. Pengembangan Solusi

Setelah menganalisis masalah, langkah selanjutnya adalah menghasilkan ide atau solusi yang mungkin untuk menyelesaikan masalah tersebut. Proses ini melibatkan kreativitas dan berpikir lateral untuk menemukan pendekatan yang efektif.

4. Pemilihan Solusi

Dari berbagai solusi yang dihasilkan, pilihlah solusi yang paling memadai atau efektif berdasarkan pertimbangan tertentu. Ini dapat melibatkan penilaian risiko, efisiensi, dan dampak positif terhadap masalah yang ada.

5. Implementasi Solusi

Setelah memilih solusi, langkah berikutnya adalah mengimplementasikannya. Ini melibatkan tindakan nyata untuk menerapkan solusi yang telah dipilih.

6. Evaluasi Hasil

Setelah solusi diimplementasikan, lakukan evaluasi untuk memastikan bahwa masalah telah teratasi dengan baik. Jika diperlukan, lakukan penyesuaian atau perbaikan terhadap solusi yang diterapkan.

Baca Juga: 5 Poin Penting yang Wajib Anda Cantumkan Dalam CV Lamaran Kerja, Fresh Graduate Catat

Cara mengasah kemampuan problem solving

Bagi Anda seorang lulusan baru, Anda bisa mencoba untuk mempelajari berbagai situasi masalah beserta pencarian solusi hingga penerapannya.

1. Pencarian masalah yang perlu dipecahkan

Anda bisa memulai dengan mencari masalah untuk dipecahkan tanpa mencari hal-hal yang rusak secara harfiah. Tetapi, jika Anda melihat rekan kerja atau Anda memecahkan masalah, tawarkan bantuan.

Tidak hanya mereka akan berterima kasih atas tawaran tersebut, tetapi itu juga akan mengajarkan Anda keterampilan pemecahan masalah di tempat kerja.

2. Pahami keterampilan problem solving

Banyak situs web rekrutmen memiliki skenario pemecahan masalah yang dapat Anda latih. Masalah-masalah ini biasanya sangat umum di berbagai sektor pekerjaan. Anda mungkin akan sangat terkejut dengan seberapa baik Anda melakukannya.

3. Pelajari beberapa model pemecahan masalah

Anda dapat belajar cara memecahkan masalah dengan berbagai model pemecehan masalah.

4. Pahami penyelesaian masalahnya

Terakhir, amati dan evaluasi keadaan untuk memahami apa masalahnya. Pahami apakah masalah tersebut berasal dari satu sumber dan prosesnya bisa berdampak pada sebuah tim atau individu dalam lingkungan Anda.

  • Pikirkan Solusi yang bisa diterapkan: Telusuri lebih lanjut dengan berbicara dengan tim Anda, mencari penyebab mendasar masalah, dan mengumpulkan data. Anda tidak perlu memecahkan masalah pada tahap ini. Yang Anda lakukan hanyalah mengumpulkan bukti.
  • Evaluasi Solusi Anda: Sebelum mengambil tindakan, Anda harus mempertimbangkan keuntungan dan kerugian dari melakukannya. Juga, tanyakan pada diri sendiri alat apa yang akan Anda butuhkan untuk melaksanakan rencana Anda, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menerapkan solusi, dan berapa banyak - jika ada - orang yang Anda butuhkan untuk membantu Anda.
  • Terapkan Solusi Anda: Sebelum menerapkan solusi Anda, pertimbangkan solusi tersebut bisa menyebabkan atau menyembuhkan lebih banyak masalah di masa depan atau tidak.

Dengan mengasah keterampilan-keterampilan tersebut, seseorang dapat menjadi penyelesaian masalah yang lebih baik di lingkungan kerja atau kehidupan sehari-hari. Kemampuan ini dapat diperoleh melalui pengalaman, latihan, dan kesadaran diri untuk terus meningkatkan diri.

Kesimpulannya, keterampilan pemecahan masalah adalah kemampuan holistik yang mencakup berbagai aspek untuk mengatasi tantangan di masa depan.

Itulah penjelasan terkait pentingnya kemampuan problem solving dan cara mengasahnya bagi Anda yang sedang mencari pengalaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru