Aturan tes SKB CPNS 2021 yang perlu peserta ketahui dan cara cetak kartu ujian

Rabu, 17 November 2021 | 12:12 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Aturan tes SKB CPNS 2021 yang perlu peserta ketahui dan cara cetak kartu ujian

ILUSTRASI. Aturan tes SKB CPNS 2021 yang perlu peserta ketahui dan cara cetak kartu ujian. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi.

KONTAN.CO.ID - Seleksi Kompetensi Bidang atau SKB CPNS tahap 1 sudah bergulir sejak 15 hingga 28 November 2021. Sedangkan untuk tes SKB tahap 2 akan berlangsung pada 27 November-18 Desember 2021. 

Peserta yang dinyatakan lulus dan bisa mengikuti seleksi ini tentu harus mempersiapkan diri, seperti belajar materi-materi yang akan keluar di tes SKB CPNS. 

Anda bisa download kisi-kisi materi SKB melalui link yang dibagikan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui Instagram resminya. Tautan tersebut adalah https://bit.ly/Kisi2MateriSKB2021.

Selain belajar, peserta juga perlu mengetahui aturan apa saja yang wajib dipatuhi peserta SKB CPNS serta mencetak kartu ujian. Berikut ini informasi tentang aturan tes dan cara mencetak kartu ujian tes SKB CPNS.

Baca Juga: Terbaru! Bank Indonesia buka lowongan kerja 2021 di banyak posisi, ini cara daftarnya

Aturan tes SKB CPNS 2021 tahap 1

Bersumber dari Instagram @indonesiabaik.id, peserta yang akan mengikuti tes SKB CPNS 2021 wajib mengikuti beberapa aturan berikut ini:

  1. Melakukan swab test RT PCR dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam atau rapid test antigen dalam kurun waktu maksimal 1x4 jam dengan hasil negatif/non reaktif yang pelaksanaannya wajib sebelum mengikuti SKB. 
  2. Menggunakan masker 3 lapis (3 ply) dan ditambah masker kain di bagian luar (double masker). 
  3. Jaga jarak (physical distancing) minimal 1 meter. 
  4. Cuci tangan dengan sabun/hand sanitizer
  5. Ruangan kegiatan maksimal diisi 30 persen dari kapasitas normal ruangan tempat pelaksanaan SKB tahun 2021 yang akan dilakukan.
  6. Telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 minimal dosis pertama untuk peserta di Jawa, Madura, dan Bali.
  7. Peserta wajib mengisi formulir Deklarasi Sehat yang terdapat di situs sscasn.bkn.go.id dalam kurun waktu 14 hari sebelum mengikuti seleksi dan paling lambat H-1 sebelum ujian. Formulir yang sudah diisi wajib dibawa pada saat pelaksanaan seleksi dan ditunjukkan kepada petugas sebelum dilakukan pemberian PIN registrasi. 

Jika ada peserta yang terkonfirmasi positif Covid-19 pada saat jadwal pelaksanaan SKB, penjadwalan ulang dilaksanakan pada hari terakhir SKB + 1 di setiap titik lokasi ujian.

Baca Juga: Mengenal simple present tense dari pengertian, rumus, hingga contoh kalimatnya

Cara cetak kartu ujian SKB CPNS 2021

Salah satu dokumen yang wajib dibawa saat mengikuti tes SKB CPNS 2021 tahap 1 adalah kartu ujian. Penting untuk diperhatikan peserta, kartu ujian SKB bisa dicetak setelah peserta memilih lokasi ujian SKB. 

Peserta yang belum memilih, jika sudah ditetapkan oleh instansi, bisa cetak kartu ujian SKB. Berikut ini cara cetak kartu ujian SKB CPNS 2021

  1. Masuk pada laman sscasn.bkn.go.id.
  2. Login pada akun Anda menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.
  3. Setelah masuk pada akun, akan tampil tombol "Cetak Kartu Peserta Ujian".
  4. Pilih cetak kartu ujian, kemudian sistem akan menampilkan kartu peserta.
  5. Unduh dan cetak kartu ujian SKB CPNS Anda.

Selanjutnya: Kurang Suka Tape? Intip Kreasi Resep Tape Singkong Gula Merah, si Bolu Tape Unik!

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru