Awas Obesitas! Simak 6 Bahaya Terlalu Sering Mengkonsumsi Makanan Ringan

Senin, 06 Juni 2022 | 04:21 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Awas Obesitas! Simak 6 Bahaya Terlalu Sering Mengkonsumsi Makanan Ringan

ILUSTRASI. Bahaya terlalu banyak mengkonsumsi makanan ringan atau ngemil.


KONTAN.CO.ID - Bagi Anda yang suka mengkonsumsi makanan ringan atau camilan alias ngemil, sebaiknya perlu berhati-hati. Pasalnya, terdapat beberapa hal yang membahayakan kesehatan, jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan ringan. 

Selain itu, makanan ringan juga memiliki rasa yang enak saat dimakan. Sehingga tidak heran makanan ringan banyak dikonsumsi orang. 

Namun, dibalik keenakan rasanya makanan ringan dapat membahayakan kesehatan jika terlalu sering dikonsumsi apalagi setiap hari. Hal tersebut dikarenakan kebanyakan makanan ringan tidak memiliki kandungan nutrisi yang baik. 

Baca Juga: 5 Media Sosial yang Paling Populer 2022 Versi Appstore

Melansir dari Eat This, ada beberapa efek negatif yang berbahaya bagi kesehatan jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan ringan. 

Kelebihan Kalori

Bahaya yang pertama jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan ringan adalah kelebihan kalori. Hal tersebut dikarenakan makanan ringan biasanya mengandung banyak kalori dan rendah nutrisi. 

Jika Anda mengkonsumsi makanan ringan setiap hari dan terus dibiarkan, lambat laun berat badan Anda akan bertambah.

Imunitas Menurun

Ngemil alias mengkonsumsi makanan ringan juga dapat menurunkan imunistas tubuh. Hal tersebut membuat kekebalan tubuh menurun sehingga meningkatkan risiko peradangan atau terkena berbagai penyakit.

Baca Juga: Membantu Menjaga Kesehatan Otak, Simak 5 Manfaat Bayam Untuk Kesehatan

Obesitas

Obesitas

Bahaya lainnya terlalu sering mengkonsumsi makanan ringan adalah obesitas. Jika asupan makanan tidak dijaga risiko obesitas karena makanan ringan sangat mungkin terjadi. 

Jika sudah obesitas risiko munculnya berbagai penyakit menjadi lebih besar. Terlebih akan cukup sulit untuk kembali menurunkan berat badan ke angka normal.

Gigi Rusak 

Terlalu sering mengkonsumsi makanan ringan juga berbahaya bagi kesehatan gigi. Pasalnya, jika terlalu sering dikonsumsi camilan berpeluang menempel disela-sela gigi, hal tersebut yang dapat merusak gigi. 

Lebih parahnya lagi gigi bisa mengalami bolong karena adanya bakteri yang diakibatkan oleh sisa-sisa makanan ringan yang dikonsumsi. Untuk hal ini sebenarnya bisa diatasi dengan lebih rajin untuk menggosok gigi agar tidak ada sisa makanan apapun yang menempel.

Merusak Pola Makan

Bahaya selanjutnya adalah dapat merusak pola makan. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Camilan atau makanan ringan cenderung enak untuk dikonsumsi berkali-kali sehingga membuat seseorang lupa makan karena perut sudah terisi namun akan kembali lapar di lain waktu, padahal asupan kalori sudah banyak. 

Begitupun sebaliknya bisa jadi positif, jika Anda mengkonsumsi camilan sehat seperti buah-buahan atau sayuran, akan mudah mengatur pola makan karena perut terasa kenyang, tapi asupan kalori masih sedikit.

Baca Juga: Cara Download Reels Instagram dengan Mudah dan Gratis, Coba SnapInsta

Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung

Jika Anda biasanya mengkonsumi makanan ringan sepertu kue kering, permen, keripik, atau pretzel saat waktu camilan tiba, hal tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. 

Alasannya adalah semua makanan ringan ini memiliki nilai gizi yang sangat rendah dan juga dikemas dengan gula rafinasi. Selain itu, juga akan meningkatkan risiko obesitas.

Itulah beberapa hal berbahaya jika terlalu sering mengkonsumsi makanan ringan. Ayo mulai menjaga asupan makanan, agar tubuh bisa lebih sehat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru