Batuk sering timbul pasca Infeksi virus corona Delta, ini bedanya dengan batuk biasa

Minggu, 11 Juli 2021 | 06:10 WIB   Reporter: kompas.com
Batuk sering timbul pasca Infeksi virus corona Delta, ini bedanya dengan batuk biasa


COVID-19 - Jakarta. Bukannya kehilangan kemampuan mencium, kini orang yang positif Covid-19 mengeluhkan batuk-batuk. Simak cara membedakan gejala batuk biasa dengan batuk gejala Covid-19 agar tidak terlambat dalam penangangan.

Batuk adalah gejala Covid-19 yang belakangan ini banyak terjadi akibat virus corona varian Delta. Namun, batuk juga bisa terjadi karena bakteri atau faktor musiman.

Seperti diketahui, salah satu penularan virus corona yakni melalui droplets yang terhambur di udara ketika pasien Covid-19 batuk atau bersin. Selain itu, batuk juga termasuk gejala umum infeksi virus corona.

Oleh karena itu, orang yang batuk di tempat umum cenderung diwaspadai oleh orang-orang di sekitarnya. Tetapi tidak semua batuk menandakan seseorang terindikasi sebagai penderita Covid-19.

Baca juga: Tak semua pasien Covid-19 harus dirawat di RS, ini cara menentukan berdasarkan gejala

Cara membedakan batuk biasa dengan batuk gejala Covid-19

Dilansir dari Kompas.com (24/3/2020), ada perbedaan yang bisa diamati antara batuk biasa dengan batuk gejala Covid-19. Ini bisa digunakan sebagai cara untuk membedakan batuk biasa dengan batuk gejala Covid-19.

Batuk yang terjadi pada penderita Covid-19 dan flu/batuk biasanya sama-sama terjadi di waktu yang cukup sering, selama orang tersebut sedang sakit. Tingkatannya pun mulai dari batuk ringan hingga batuk sedang.

Menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC), batuk yang terjadi pada orang yang sedang flu sering kali terjadi secara tiba-tiba. Biasanya penderita akan sembuh dalam waktu relatif singkat atau sekitar kurang dari 2 minggu. Batuk yang dialami pada penderita flu juga akan disertai pilek dan bersin-bersin.

Sedangkan, penderita Covid-19 tidak mengalami itu. Jadi, jika seseorang menunjukkan batuk yang disertai dengan pilek dan sebelum batuk dimulai dengan fase bersin, dimungkinkan ia terkena flu biasa.

Sementara, untuk batuk gejala infeksi Covid-19 juga memiliki ciri tertentu.  Berikut ciri-ciri batuk kering yang menjadi gejala Covid-19 sekaligus untuk membedakan dengan batuk biasa.

Simak cara membedakan batuk biasa dengan batuk gejala Covid-19 di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto

Terbaru