Biar si sulung siap dengan kehadiran adiknya, tips ini bisa dicoba Moms

Kamis, 15 April 2021 | 15:43 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Biar si sulung siap dengan kehadiran adiknya, tips ini bisa dicoba Moms

ILUSTRASI. Biar si sulung siap dengan kehadiran adiknya, tips ini bisa dicoba Moms.

KONTAN.CO.ID -  Anda sedang menunggu kelahiran anak kedua? Banyak hal yang perlu dipersiapkan termasuk menyiapkan anak sulung agar bisa menerima sang adik.

Kehadiran bayi baru tentu membuat perhatian orangtua tidak sama lagi pada anak pertama, meskipun rasa sayang tetap sama terhadap si sulung. 

Selama ini perhatian ayah dan ibu terpusat pada sang kakak, kelak akan terbagi saat adik bayi lahir ke dunia. 

Tidak jarang, anak pertama menjadi cemburu karena kehadiran sang adik. Namun, ada juga anak sulung yang sangat senang akan kehadiran adiknya. 

Mereka ingin segera bermain bersama karena merasa kesepian. Sayangnya, adik bayi belum bisa langsung diajak bermain bersama.

Untuk menghadapi situasi-situasi tersebut, anak sulung perlu dipersiapkan agar bisa menerima sang adik baru. 

Berikut cara-cara dalam mempersiapkan anak pertama untuk menyambut kehadiran adik bayi, dirangkum dari Mayo Clinic dan Today's Parent:

Baca Juga: Vitamin A penting untuk anak, ini manfaat serta makanan yang kaya vitamin A

  • Beritahu kehamilan Anda

Saat masih awal kehamilan, sebaiknya Anda mulai menjelaskan pada anak pertama Anda. Beritahu dia jika akan ada anggota baru di rumah.

Bila si anak sulung bertanya kapan si adik datang, beritahu secara sederhana tentang perkembangan bayi. 

Jangan sampai Anda memberitahu orang lain sebelum keluarga terutama anak pertama Anda. Akan ada rasa kecewa karena orang tua terkesan menyembunyikan kehadiran anggota keluarga baru dari si sulung. 

  • Jelaskan peran baru si anak sulung

Agar anak pertama lebih siap dengan julukan kakak, menjadi tugas orangtua untuk menjelaskan peran baru tersebut. Jelaskan jika adik bayi belum bisa melakukan banyak hal, sehingga butuh bimbingan dari sang kakak. 

Lebih lanjut, karena sang adik masih membutuhkan banyak pertolongan, orangtua terutama ibu akan banyak menghabiskan waktu dengan adik bayi. Namun kondisi tersebut tidak mengurangi rasa sayang orang tua pada anak sulung. 

Baca Juga: 5 Posisi menyusui yang benar, biar buah hati nyaman saat menyusu

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru