Bisa Anda coba, berikut 4 cara menurunkan panas pada bayi

Rabu, 14 Juli 2021 | 18:25 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bisa Anda coba, berikut 4 cara menurunkan panas pada bayi

KONTAN.CO.ID - Bayi sering mengalami demam karena sistem imun tubuhnya yang belum benar-benar kuat. Supaya kekhawatiran Anda berkurang, ada banyak cara menurunkan panas pada bayi yang bisa Anda lakukan.

Mengutip dari Klayschools.com, suhu tubuh di bawah 38,8 derajat Celcius menandakan tubuh bayi sedang berusaha melawan infeksi. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan di rumah biar suhu tubuh bayi Anda turun.

Namun, perlu diingat, cara-cara ini bukan menggantikan obat atau perawatan dokter, ya. Jika demam bayi tak kunjung turun atau muncul gejala lain yang membuat Anda khawatir, tak ada salahnya untuk segera memeriksakan bayi ke dokter.

Kompres dingin

Kompres dingin adalah salah satu cara menurunkan panas pada bayi yang cukup efektif. Biar kompres dingin bekerja efektif, cobalah untuk mencampur 2 sdm cuka apel dengan 4 sdm air dingin.

Setelah teraduk rata, celupkan handuk bersih dalam campuran itu. Kemudian, letakkan handuk di atas kening bayi. Ulangi cara tersebut sampai suhu tubuh bayi berkurang.

Selain digunakan sebagai campuran kompres dingin, cuka apel juga bisa digunakan saat mandi, lo. Campurkan segelas cuka apel dalam air yang digunakan untuk memandikan bayi.

Baca Juga: 6 Cara Turunkan Suhu Tubuh dengan Memakai Bahan Alami

Sup

Klayschools.com menyebutkan, demam bisa membuat tubuh bayi dehidrasi karena bayi mengeluarkan banyak keringat. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuhnya.

Cobalah untuk memberikan sup pada bayi. Nutrisi yang terkandung dalam makanan ini juga bisa menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Usahakan untuk membuat sup sendiri, ya. Maksudnya, hindari menggunakan sup instan untuk menjaga asupan nutrisi bayi.

Baca Juga: Infeksi virus corona bikin suhu tubuh naik, ini cara menurunkan demam tanpa obat

Teh herbal

Teh herbal bisa digunakan sebagai cara menurunkan panas pada bayi.

Cara menurunkan panas pada bayi selanjutnya adalah dengan memberikan teh herbal. Supaya aman, hindari jenis teh herbal yang mengandung kafein, seperti teh kamomil atau teh peppermint.

Selain menurunkan demam, teh peppermint juga bisa mengobati sakit perut dan meredakan saluran pernapasan yang tersumbat.

Pilih pakaian yang nyaman

Selain menggunakan beberapa bahan alami yang telah disebutkan, demam yang dialami bayi bisa berkurang saat Anda memilihkan pakaian yang tepat. Berikan pakaian yang tipis supaya suhu tubuh dapat turun secara alami.

Selanjutnya: Selain obat, ini cara menyembuhkan demam pada anak-anak dan orang dewasa secara alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru