Bisa Daftar Via Whatsapp, Ini Syarat & Rute Mudik Gratis Lebaran 2022 Pemprov Jakarta

Senin, 18 April 2022 | 06:52 WIB Sumber: Kompas.com
Bisa Daftar Via Whatsapp, Ini Syarat & Rute Mudik Gratis Lebaran 2022 Pemprov Jakarta

ILUSTRASI. Bisa Daftar Via Whatsapp, Ini Syarat & Rute Mudik Gratis Lebaran 2022 Pemprov Jakarta


MUDIK LEBARAN - Jakarta. Kesempatan warga Jakarta untuk mudik Lebaran 2022 secara gratis kembali terbuka. Terbaru, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga menggelar mudik Lebaran 2022 gratis.

Pendaftaran mudik gratis Lebaran 2022 Pemprov DKI Jakarta ini berlangsung secara online di website www.mudikgratisdkijakarta.id atau melalui Whatsapp. Simak syarat, cara daftar dan rute mudik gratis Lebaran 2022 oleh Pemprov DKI Jakarta berikut ini.

Sebelumnya, sudah ada berbagai instansi yang menggelar mudik gratis Lebaran 2022. Mereka antara lain Kementerian Perhubungan, Jasa Raharja, dan PT Kalbe Farma.

Sedangkan Pemprov DKI Jakarta menggelar mudik gratis Lebaran 2022 dengan kuota sebanyak 19.860 warga. Rute layanan mudik dan balik gratis pada Lebaran 2022 adalah ke 17 kabupaten/kota. Warga DKI yang berminat dan memenuhi persyaratan bisa mendaftar mudik gratis lebaran 2022 secara online.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menjelaskan, program mudik dan balik gratis Lebaran 2022 itu akan memfasilitasi warga dan kendaraan roda dua. Tujuan utama layanan mudik gratis lebaran 2022 itu adalah ke 17 kabupaten/kota di lima provinsi, yaitu Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur. ”Kami menyiapkan layanan mudik dan balik gratis Lebaran 2022 ini untuk 19.680 peserta,” kata Syafrin dilansir dari Kompas.id, Senin (18/4/2022).

Baca Juga: Sudahkah Beli Baju Baru Lebaran 2022, Cuci Dulu Sebelum Dipakai, Ini Alasannya

Syarat dan jadwal keberangkatan mudik gratis Lebaran 2022

Syafrin menegaskan, fasilitas mudik dan balik gratis itu diperuntukkan khusus bagi warga yang memiliki KTP domisili DKI Jakarta. Setiap KK bisa mendaftarkan maksimal untuk empat orang.

Syarat lain mudik gratis Lebaran 2022 yang mesti dicermati, calon pemudik yang ingin mengikuti program layanan mudik dan balik gratis itu diutamakan bagi mereka yang sudah menerima vaksin dosis ketiga atau booster, membawa sepeda motor, dan diutamakan yang akan melakukan perjalanan arus mudik serta arus balik ke Jakarta.

Syafrin menambahkan, untuk program mudik gratis Lebaran 2022, layanan akan dibagi menjadi dua. Layanan angkutan sepeda motor para pemudik dengan truk akan dilakukan 26 April 2022 dari Terminal Pulo Gadung. ”Sedangkan keberangkatan dengan bus akan dilaksanakan Rabu, 27 April 2022, yang berlokasi di Terminal Terpadu Pulo Gebang,” kata Syafrin.

Adapun untuk arus balik dengan program mudik gratis Lebaran 2022 ini, untuk truk pengangkut sepeda motor akan berangkat 7 Mei 2022 dari lokasi masing-masing menuju Terminal Pulo Gadung.

Untuk bus akan berangkat dari lokasi masing-masing pada 8 Mei 2022 menuju Terminal Terpadu Pulo Gebang. 17 Kabupaten/Kota Syafrin menambahkan, program mudik dan balik gratis tahun 2022 sangat spesial dibandingkan dengan mudik gratis tahun 2019. ”Apabila sebelumnya hanya 10 kota/kabupaten tujuan, sekarang ada 17 kota/kabupaten tujuan. Sebelumnya hanya di Pulau Jawa, sekarang sampai Pulau Sumatera,” kata Syafrin.

Rinciannya, ke-17 kabupatan dan kota tujuan mudik gratis Lebaran 2022 Pemprov DKI Jakarta adalah Palembang, Lampung, Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Cilacap, Purwokerto, Solo, Wonosobo, Yogyakarta, Sragen, Wonogiri, Madiun, Kediri, Jombang, dan Malang.

Cara daftar mudik gratis Lebaran 2022 Pemprov DKI Jakarta

Kepala Bidang Angkutan Jalan Dinas Perhubungan DKI Jakarta Yayat Sudrajat, secara terpisah, menjelaskan, calon peserta dapat mendaftarkan diri secara daring (online) ke situs resmi www.mudikgratisdkijakarta.id atau melalui Whatsapp ke nomor 08-123-188- 5758. ”Setelah mengisi form pendaftaran, petugas akan menghubungi Anda untuk jadwal verifikasi offline atau luring,” kata Yayat.

Setelah menerima jadwal verifikasi, calon pemudik bisa datang ke lokasi verifikasi offline sesuai dengan tempat dan waktu yang tertera pada tiket kode booking (QR Code) untuk mendapatkan tiket keberangkatan.

Ada lima lokasi verifikasi offline yang disiapkan Dishub DKI. Kelima lokasi tersebut, yaitu di Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Suku Dinas Perhubungan Kota Jakarta Barat, Suku Dinas Perhubungan Kota Jakarta Selatan, Suku Dinas Perhubungan Kota Jakarta Timur, Suku Dinas Perhubungan Kota Jakarta Utara, dan Suku Dinas Perhubungan Kota Jakarta Pusat.

Itulah jadwal, rute dan cara daftar mudik gratis Lebaran 2022 Pemprov DKI Jakarta. Segera daftarkan diri Anda mengikuti mudik gratis Lebaran 2022 di www.mudikgratisdkijakarta.id.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "19.680 Warga DKI Bisa Mudik Gratis ke 17 Daerah, Ini Cara Daftarnya",

 

Editor : Ihsanuddin

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru