Bisa dari Hp, ini cara melihat pengumuman hasil seleksi kompetensi 1 PPPK Guru 2021

Jumat, 08 Oktober 2021 | 06:54 WIB Sumber: Kompas.com
Bisa dari Hp, ini cara melihat pengumuman hasil seleksi kompetensi 1 PPPK Guru 2021

ILUSTRASI. Bisa dari Hp, ini cara melihat pengumuman hasil seleksi kompetensi 1 PPPK Guru 2021


SELEKSI PPPK GURU - Jakarta. Hari ini adalah hari yang ditunggu-tunggu peserta seleksi kompetensi tahan 1 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru 2021. Lalu, bagaimana cara cek dan melihat pengumuman hasil seleksi kompetensi tahap 1 PPPK Guru 2021?

Pengumuman hasil seleksi kompetensi tahap I PPPK Guru 2021 akan dilangsungkan Jumat (8/10/2021) pagi. Hal itu disampaikan Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Nunuk Suryani. "(Pengumuman) pukul 09.00 WIB," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (7/10/2021).

Nunuk mengatakan, hasil seleksi kompetensi tahap I PPPK Guru 2021 akan disampaikan melalui laman https://gurupppk.kemdikbud.go.id/webpppk/. Selain itu, pengumuman juga akan disiarkan secara langsung pada kanal YouTube Kemendikbud Ristek mulai pukul 09.00 WIB.

Cara menyaksikan pengumuman hasil seleksi kompetensi tahap I PPPK Guru 2021 cukup mudah. Pengumuman hasil seleksi kompetensi tahap I PPPK Guru 2021 bisa diakses dari handphone atau laptop yang terkoneksi internet.

Untuk melihat pengumuman hasil seleksi kompetensi tahap I PPPK Guru 2021, Anda cukup klik tautan berikut: Link Live Streaming Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Tahap I PPPK Guru 2021 .

Pengumuman hasil seleksi kompetensi tahap I PPPK Guru 2021 berlangsung secara online untuk mengurangi mobilitas dan mencegah kerumuman. 

Pengumuman hasil seleksi kompetensi 1 PPPK Guru 2021 akan dilakukan oleh sejumlah pejabat tinggi pemerintah. Pejabat yang dijadwalkan akan hadir dalam pengumuman hasil seleksi kompetensi 1 PPPK Guru 2021 antara lain Mendikbud Ristek Nadiem Makarim, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, MenpanRB Tahjo Kumolo dll.

Baca juga: Ini jadwal dan link pengumuman hasil Seleksi Kompetensi PPPK Guru 2021 tahap 1

Rangkaian seleksi PPPK Guru 2021

Pengumuman hasil seleksi kompetensi tahap 1 PPPK Guru 2021 adalah salah satu rangkaian seleksi PPPK Guru 2021. Seleksi kompetensi PPPK Guru akan terbagi menjadi tiga tahap.

Seleksi pertama PPPK Guru 2021

Tes kesempatan pertama dapat diikuti oleh honorer THK-II dan guru honorer sekolah negeri.

Seleksi kedua PPPK Guru 2021

Seleksi tes kesempatan kedua PPPK Guru 2021 dapat diikuti oleh peserta yang tidak lulus seleksi tes kesempatan pertama, honorer THK-II, pengajar aktif sekolah swasta yang terdaftar pada Dapodik, dan lulusan PPG yang belum menjadi guru dan terdaftar di database.

Peserta memilih kembali formasi di instansinya yang masih berlum terisi sesuai sertifikat pendidik atau kualifikasi pendidikan masing-masing. Untuk lulusan PPG yang belum menjadi guru dapat melamar di instansi sesuai dengan domisilinya. Sementara bagi peserta yang tidak lolos tes pertama, nilai ujian yang diambil merupakan nilai tertinggi antara tes pertama dan tes kedua.

Seleksi ketiga PPPK Guru 2021

Seleksi tes kesempatan ketiga PPPK Guru 2021 dapat diikuti oleh seluruh peserta yang tidak lulus seleksi tes kesempatan kedua. Peserta memilih kembali formasi di instansinya yang belum terisi sesuai sertifikat pendidik atau kualifikasinya. Seluruh peserta diperkenankan melamar di instansi lain.

Adapun bagi peserta yang tidak lolos tes pertama dan kedua, nilai ujian diambil yang tertinggi dari tes kesempatan pertama, kedua, dan ketiga. Setelah tes ketiga, formasi masih belum terisi dapat dilakukan optimalisasi pengisian formasi kosong. Pengisian formasi kosong dilakukan berdasarkan ranking penilaian sekolah yang akan ditentukan Kemendikbud Ristek.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Catat, Berikut Cara Melihat Hasil Seleksi Kompetensi Tahap I PPPK Guru",

Penulis : Dandy Bayu Bramasta
Editor : Sari Hardiyanto

Selanjutnya: Pengumuman hasil seleksi kompetensi P3K Guru 2021 dijadwalkan hari ini (8/10) jam 09.00

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru