Bisa jadi cara membersihkan wajah, gunakan 6 bahan alami ini

Jumat, 23 Juli 2021 | 19:40 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bisa jadi cara membersihkan wajah, gunakan 6 bahan alami ini

KONTAN.CO.ID - Cara membersihkan wajah merupakan salah satu hal penting yang perlu Anda perhatikan. Setiap hari, ada banyak jenis kotoran yang menempel di kulit wajah.

Jika tidak dibersihkan, tentu saja kondisi itu bisa menyebabkan masalah yang lebih parah. Kotoran dapat menyumbat pori-pori kulit sehingga memicu kemunculan komedo, jerawat, dan masalah kulit yang lain.

Sebenarnya, Anda bisa membersihkan kulit wajah dengan produk-produk yang dijual di pasaran. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa jenis bahan alami.

Meski mudah untuk dicoba, jangan lupa untuk melakukan uji coba, ya. Berkonsultasi dulu dengan dokter juga bisa Anda jadikan pilihan untuk menghindari reaksi alergi.

Susu dan garam

Selain menguatkan tulang, ternyata susu juga bisa Anda manfaatkan untuk menjaga kebersihan kulit wajah, lo.

Mengutip dari Stylecraze, kandungan dalam susu dapat meningkatkan skin barrier. Tak hanya itu, susu juga bisa membuat kulit menjadi lebih lembut.

Caranya, campur susu dengan garam. Setelah teraduk rata, aplikasikan campuran itu pada kulit wajah dan leher menggunakan kapas. Untuk mendapat hasil maksimal, cobalah melakukannya satu hingga dua kali dalam seminggu.

Baca Juga: 5 Kandungan bahan pada skincare ini bisa ampuh hilangkan bekas jerawat

Madu dan susu

Jika Anda mencari cara membersihkan wajah, maka madu bisa Anda jadikan opsi. Selain menjaga kebersihan kulit wajah, madu juga efektif menyeimbangkan pH kulit dan mencegah kemunculan kerutan.

Supaya hasilnya lebih maksimal, cobalah untuk mencampur 2-3 sdt madu dengan susu sampai berbentuk pasta. Aplikasikan campuran itu pada kulit, diamkan dulu selama 30 detik, kemudian pijat kulit secara perlahan. Setelah itu, bilas wajah dengan air.

Lemon

Ada banyak cara membersihkan wajah, salah satunya dengan lemon.

Cara membersihkan wajah selanjutnya adalah dengan memakai lemon. Anda hanya perlu mengaplikasikan air perasan lemon pada kulit selama 10 menit lalu bilas dengan air.

Asam askorbat yang terdapat dalam jenis buah itu juga mampu menyamarkan noda hitam yang mengganggu penampilan.

Baca Juga: Tips Ampuh Membersihkan Makeup Menurut Ahli Kosmetik

Minyak kelapa, yogurt, dan madu

Supaya kebersihan kulit wajah terjaga, Stylecraze merekomendasikan Anda untuk memakai minyak kelapa. Apalagi jika Anda memiliki tipe kulit kering. Asam laurat yang terdapat dalam minyak kelapa mampu menghidrasi kulit secara maksimal.

Pertama-tama, campur minyak kelapa, yogurt, dan madu dengan ukuran masing-masing 1 sdt. Aduk rata kemudian aplikasikan pada kulit.

Diamkan dulu selama 15 menit lalu bilas dengan air. Anda bisa menggunakan campuran itu dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Selanjutnya: 4 Cara menghilangkan flek hitam memakai bahan alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru