Bisa jadi obat nyeri haid, gunakan 4 bahan alami ini

Kamis, 22 Juli 2021 | 19:05 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bisa jadi obat nyeri haid, gunakan 4 bahan alami ini


KONTAN.CO.ID - Ada banyak wanita yang mengalami nyeri haid setiap bulan. Selain membuat tidak nyaman, masalah itu juga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasinya, ada banyak obat nyeri haid yang bisa Anda jadikan pilihan.

Biasanya, nyeri haid ditandai dengan perut kembung, rasa nyeri di bagian perut dan punggung, sakit kepala, dan lain sebagainya. Nah, sebenarnya Anda bisa mengonsumsi obat pereda nyeri haid yang dijual di apotek.

Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa jenis bahan alami untuk mengatasi nyeri haid. Cobalah untuk rutin mengonsumsi beberapa bahan alami ini. Jika nyeri haid terus Anda alami, tak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter.

Teh kamomil

Mengutip dari Food NDTV, teh kamomil dapat Anda manfaatkan sebagai obat nyeri haid. Kandungan dalam jenis itu mampu membuat uterus lebih rileks dan menurunkan produksi hormon prostaglandin.

Akibatnya, rasa sakit akibat haid pun dapat berkurang. Meski mudah untuk dicoba, usahakan untuk mendiskusikannya dulu dengan dokter, ya. Apalagi, jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus. Tujuannya, menghindari efek samping yang mungkin terjadi.

Baca Juga: Cek 4 gejala kanker serviks ini, ada yang Anda alami?

Minyak Wijen

Tahukah Anda bahwa minyak wijen dapat dimanfaatkan untuk mengatasi nyeri haid? Food NDTV menyebutkan, jenis minyak itu mengandung asam linoleat, antioksidan, serta antiinflamasi yang efektif menyembuhkan rasa sakit akibat haid.

Cara yang perlu Anda lakukan pun tidak sulit. Siapkan minyak wijen seperlunya, kemudian balurkan ke perut bagian bawah. Anda bisa menambah sedikit pijatan saat mengaplikasikan minyak tersebut.

Lakukan cara itu dengan rutin supaya rasa sakit bisa hilang dengan lebih cepat.

Baca Juga: Ini 4 manfaat jahe yang berguna untuk kesehatan Anda

Lada hitam dan jahe

Lada hitam dan jahe dapat Anda pakai sebagai obat nyeri haid.

Bahan alami lainnya yang bisa Anda pakai sebagai obat nyeri haid adalah jahe dan lada hitam. Kombinasi bahan alami tersebut efektif mengobati sakit karena haid.

Sama seperti bahan alami yang telah disebutkan, jahe dan lada hitam bisa menurunkan jumlah hormon prostaglandin. Tidak berhenti sampai di situ, rutin mengonsumsi lada hitam dan jahe juga mampu memperlancar siklus haid.

Anda hanya perlu minum air rebusan jahe dan lada hitam. Tambahkan sedikit gula untu menambah cita rasa. Namun, hindari penggunaan susu, ya.

Selanjutnya: 5 Makanan Ampuh Redakan Nyeri Haid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru