Bisa Kurangi Tekanan Darah, Ini Ragam Manfaat Buah Melon

Senin, 08 Mei 2023 | 18:17 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Bisa Kurangi Tekanan Darah, Ini Ragam Manfaat Buah Melon


KESEHATAN - Terdapat banyak manfaat buah melon untuk kesehatan tubuh yang telah teruji khasiatnya secara klinis. Selain itu, manfaat buah melon untuk kesehatan tubuh juga sangat efektif jika dikonsumsi secara rutin.

Selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, buah melon juga termasuk salah satu jenis buah yang mempunyai rasa manis dan banyak digemari masyarakat.

Manfaat buah melon berasal dari kandunan nutrisi di dalamnya. Kandungan tersebut di antaranya banyak protein, vitamin C, vitamin B6, magnesium dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Yuk Kenali 5 Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan Tubuh, Jangan Lewatkan!

Melon juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan karena mempunyai rasa yang enak. Selain itu, buha melon juga memiliki kalori yang rendah sehingga cocok dijadikan menu untuk diet menurunkan berat badan. 

Berikut beberapa manfaat buah melon bagi kesehatan yang dilansir Healthline, di antaranya: 

1. Mengurangi Tekanan Darah

Manfaat buah melon yang pertama bagi kesehatan adalah dapet membantu mengurangi tekanan darah tinggi. 

Pasalnya, melon adalah buah yang rendah sodium dan kaya potasium, hal tersebut dapat membantu Anda menjaga tingkat tekanan darah yang sehat.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

2. Baik untuk Kesehatan Tulang

Buah Melon juga mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan tulang. Melon madu mengandung beberapa nutrisi yang penting untuk memperbaiki dan memelihara tulang, termasuk folat, vitamin K dan magnesium.

3. Mengontrol Gula Darah

Bagi Anda yang mempunyai gula darah tinggi sangat cocok untuk mengkonsumsi buah melon. Pasalnya, melon mampu mengontrol gula darah karena mengandung banyak serat dan nutrisi yang baik untuk kesehatan dan mencegah diabetes.

Baca Juga: Simak Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh, Ada 5 Hal yang Wajib Diketahui

4. Mencegah Hidrasi 

Buah Melon mengandung banyak air yang bermanfaat untuk mencegah hidrasi. Pasalnya, buah Melon madu mengandung sekitar 90% air dan mengandung elektrolit, seperti kalium, magnesium, natrium, dan kalsium.

Kombinasi air dan nutrisi ini membuat melon bagus untuk menghidrasi setelah berolahraga, selama sakit, atau jika Anda hanya mencoba untuk tetap terhidrasi sepanjang hari.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Mengkonsumsi buah melon juga mempunyai manfaat dapat mendukung kesehatan kulit karena kandungan vitamin C yang tinggi.

Asupan vitamin C yang cukup sangat penting untuk produksi kolagen yang tepat, protein struktural utama yang penting untuk memperbaiki dan memelihara jaringan kulit Anda.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan, Catat Yuk!

6. Meningkatkan Imunitas

Manfaat buah melon selanjutnya adalah dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh.. Hal tersebut dikarenakan kandungan bitamin C dalam melon bisa dibilang paling dikenal karena perannya dalam mendukung fungsi kekebalan tubuh.

7. Melancarkan Sistem Pencernaan

Jika Anda mengalami masalah pencernaan, buah melon mempunyai manfaat bisa membantu melancarkan pencernaan. Melon mengandung serat dan nutrisi yang dipercaya dapat meningkatkan kesehatan pencernaan.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

8. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat buah melon lainnya adalah bisa membantu kesehatan mata. Pasalnya, Melon mengandung dua antioksidan kuat yaitu lutein dan zeaxanthin.

Senyawa karotenoi dalam melon ini terkenal untuk mendukung kesehatan mata dan mencegah perkembangan kehilangan penglihatan terkait usia.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Jeruk Untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui, Apa Saja?

9. Rendah Kalori

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, buah melon sangat cocok untuk dimasukkan ke dalam daftar menu makanan saat diet. Pasalnya, melon merupakan buah memiliki rendah kalori.

Ini tersedia secara luas, dan harganya sebanding dengan melon populer lainnya seperti melon atau semangka. Selain rendah kalori, melon juga memiliki rasa yang enak saat dikonsumsi. Demikian beberapa manfaat buah melon bagi kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru