Bisa membahayakan jantung, ini cara menurunkan kolesterol secara alami

Rabu, 11 Agustus 2021 | 05:50 WIB Sumber: Kompas.com
Bisa membahayakan jantung, ini cara menurunkan kolesterol secara alami


TIPS & TRIK - Jakarta. Kolesterol tinggi dalam darah bisa membahayakan kesehatan jantung. Lalu, bagaimana cara menurunkan kolesterol tinggi secara mudah?

Cara menurunkan kolestrol dalam darah bisa dilakukan tanpa obat. Simak cara menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah secara mudah berikut ini. 

Kolesterol memiliki peran yang sangat penting dalam tubuh kita, seperti membantu mencerna makanan, memproduksi hormon, dan menghasilkan vitamin D. Walau begitu, kadar kolesterol jahat yang tinggi bisa menjadi salah satu faktor risiko penyakit jantung.

Kadar kolesterol tinggi biasanya tidak menunjukkan gejala, tetapi dapat memiliki komplikasi yang mengancam jiwa sehingga yang terbaik adalah memastikan kita untuk menurunkan kadar kolesterol. Terutama jika juga punya faktor risiko lain, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, kegemukan, dan juga merokok.

Ada beberapa cara untuk kita lakukan yang dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi secara alami. Jangan hanya bergantung pada obat, tetapi lakukan perubahan pola makan dan gaya hidup sehat.

Berikut rincian cara menurunkan kadar kolesterol tinggi secara mudah:

1. Konsumsi lemak tak jenuh

Cara pertama menurunkan kadar kolesterol tinggi secara mudah adalah dengan konsumsi lemak tak jenuh. Tidak semua lemak harus dijauhi, misalnya saja lemak tak jenuh yang justru bermanfaat bagi jantung.

Baca juga: Kaya vitamin dan air, jus mentimun efektif merontokkan kolesterol tinggi

Makanan tinggi lemak tak jenuh untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi secara alami antara lain:

  • Ikan berminyak termasuk salmon, kembung, dan makerel
  • Kacang-kacangan 
  • Biji-bijian seperti biji bunga matahari dan biji labu
  • Alpukat
  • Minyak zaitun dan minyak bunga matahari

2. Hindari konsumsi lemak trans

Cara kedua menurunkan kadar kolesterol tinggi secara mudah adalah dengan menghindari konsumsi lemak trans. Lemak trans akan meningkatkan kadar kolesterol kita dan sering ditemukan dalam produk hewani seperti produk susu dan daging.

Kita perlu menghindari lemak trans dan lemak trans buatan, yang ditemukan dalam biskuit, kue-kue, hingga makanan cepat saji untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi secara alami.

Simak cara menurunkan kadar kolesterol tinggi secara mudah di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto

Terbaru