Bisa Menurunkan Berat Badan, Cek 5 Manfaat Air Kelapa Ini

Kamis, 30 Desember 2021 | 08:50 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bisa Menurunkan Berat Badan, Cek 5 Manfaat Air Kelapa Ini

ILUSTRASI. Dengan mengonsumsinya secara rutin, ada banyak manfaat air kelapa yang bisa Anda dapat.


KESEHATAN - JAKARTA. Selain segar, ternyata air kelapa juga menyimpan banyak manfaat, lho. Manfaat air kelapa berguna untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Tentu saja Anda perlu mengonsumsinya secara teratur supaya manfaatnya bisa terasa di tubuh Anda.

Mengutip dari Good House (goodhousekeeping.com), Anda bisa mendapat 45 kalori dalam 8 ons air kelapa. Dalam jumlah yang sama, masih banyak nutrisi lain yang bisa Anda dapat. Mulai dari sodium, kalium, karbohidrat, dan kalsium.

Hal menarik yang perlu Anda ketahui adalah air kelapa tidak mengandung kolesterol dan lemak sama sekali. Jadi, bahan alami itu bisa Anda konsumsi secara rutin. Namun, pastikan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter, ya. Tujuannya agar manfaat berikut bisa Anda dapat secara maksimal.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat air kelapa selanjutnya adalah bahan alami itu cocok dijadikan penurun berat badan. Seperti yang sudah dikatakan, minum air kelapa dapat menghindarkan Anda dari dehidrasi. Hal tersebut dapat mengoptimalkan metabolisme dalam tubuh.

Baca Juga: Mudah Dicoba, Ini 6 Cara Mengatasi Rambut Mengembang

Menjaga Kesehatan Kulit

Salah satu manfaat air kelapa adalah menjaga kesehatan kulit.

Tubuh yang dehidrasi berpengaruh pada kondisi kulit, misalnya kulit Anda menjadi kering atau bersisik. Nah, minum air kelapa dapat menghindarkan tubuh Anda dari dehidrasi sehingga kondisi kulit akan terjaga.

Selain beberapa kandungan yang telah disebutkan, air kelapa juga memiliki vitamin C. vitamin tersebut berperan sebagai antioksidan yang mampu meningkatkan produksi kolagen. Saat jumlah kolagen kulit terjaga, kulit menjadi lebih lembut dan kemunculan tanda penuaan bisa dicegah.

Menjaga Kondisi Tubuh Setelah Olahraga

Manfaat air kelapa selanjutnya yang disebutkan Good House adalah bahan alami itu bisa menjaga kondisi tubuh setelah Anda berolahraga. Apalagi jika Anda baru saja melakukan olahraga dengan intensitas tinggi saat musim panas. Air kelapa mengandung banyak elektrolit yang memberikan banyak manfaat.

Manfaat yang dimaksud adalah menjaga fungsi otot, menghindarkan tubuh dari dehidrasi, dan mengembalikan keseimbangan cairan tubuh. Tak hanya itu, kebutuhan tubuh akan karbohidrat juga bisa terpenuhi dengan mengonsumsi air kelapa.

Baca Juga: 11 Bahan Alami yang Efektif Mengobati Asam Lambung, Salah Satunya Lidah Buaya

Mengatasi Diabetes

Bagi penderita diabetes, mengontrol jumlah gula darah merupakan hal penting. Menurut sebuah penelitian, rutin minum air kelapa bisa menurunkan gula darah dalam tubuh. Jika Anda ingin rutin minum air kelapa, jangan lupa untuk tetap mengonsultasikan keputusan Anda ke dokter, ya.

Menurunkan Tekanan Darah

Bagi penderita hipertensi, cobalah untuk mengonsumsi air kelapa secara rutin. Dalam satu gelas air kelapa, Anda bisa mendapat 470 mg kalium. Jumlah tersebut mampu menurunkan tekanan darah Anda sehingga tekanan darah bisa lebih stabil.

Saat tekanan darah stabil, risiko stroke dan penyakit jantung bisa ikut turun. Meski demikian, usahakan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter dulu, ya. Dikhawatirkan air kelapa justru menimbulkan efek samping. Apalagi jika Anda sedang mengonsumsi jenis obat tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru