Bisa menurunkan berat badan, ini 10 manfaat senam irama bagi tubuh

Kamis, 19 Agustus 2021 | 21:40 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Bisa menurunkan berat badan, ini 10 manfaat senam irama bagi tubuh

KONTAN.CO.ID - Senam irama adalah jenis olahraga aerobik yang mengombinasikan antara gerakan senam, tari, dan alunan musik. Ada sejumlah manfaat senam irama bagi tubuh.

Salah satu manfaat senam irama adalah menyehatkan jantung. Selain itu, senam irama adalah jenis olahraga yang mudah dilakukan di rumah saat masa pandemi Covid-19.

Ada banyak panduan melakukan senam irama yang bisa diikuti oleh masyarakat saat di rumah saja. 

Lantas, apa saja manfaat senam irama bagi tubuh?

Baca Juga: Agar Ramping, Inilah Tips Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami

10 Manfaat senam bagi tubuh

Dirangkum dari akun Instagram resmi Kementerian Ketenagakerjaan dan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara, berikut adalah 10 manfaat senam bagi tubuh: 

1. Memperbaiki keseimbangan fisik

Manfaat senam irama yang pertama adalah dapat memperbaiki keseimbangan fisik. Sebab, setiap gerakan yang diciptakan untuk cabang senam ini memiliki struktur yang konsisten, di mana berefek pada peningkatan keseimbangan tubuh.

2. Menurunkan berat badan

Selanjutnya, manfaat melakukan senam irama adalah dapat membantu menurunkan berat badan karena gerakan senam ini bisa mempercepat proses pembakaran lemak.

3. Menguatkan otot

Manfaat senam irama berikutnya adalah menguatkan jaringan otot pada tubuh dan membuatnya menjadi lebih lentur. Otot yang lentur dan kuat akan meningkatkan jangkauan gerak tubuh, pun mencegah tubuh mengalami kaku dan cedera saat melakukan aktivitas berat.

4. Merawat kesehatan tulang

Saat melakukan gerakan senam irama, Anda akan bertumpu sendiri guna menopang beban tubuh. Secara tak langsung, hal ini melatih kekuatan dan kesehatan tulang yang kemudian berdampak pada kecilnya kemungkinan tulang mengalami sejumlah masalah pada tulang, seperti osteoporosis.

Baca Juga: Kebiasaan yang harus dihindari setelah usia 60 tahun, apa saja?

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru