Bisa merampingkan perut, berikut 8 manfaat jengkol untuk kesehatan

Selasa, 11 Mei 2021 | 19:05 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Bisa merampingkan perut, berikut 8 manfaat jengkol untuk kesehatan


KONTAN.CO.ID - Di balik baunya yang sering dianggap kurang sedap, ada banyak manfaat jengkol bagi kesehatan tubuh. Jengkol sendiri merupakan salah satu makanan yang cukup sering dikonsumsi di Indonesia.

Jengkol yang memiliki nama latin Archindendron pauciflorum sering dimanfaatkan untuk berbagai hidangan seperti semur, campuran sambal goreng, campuran rendang, hingga jadi lalapan.

Nah, berikut ini 8 manfaat jengkol untuk kesehatan sebagaimana dilansir dari Health Benefit Times:

1. Mencegah anemia

Manfaat jengkol bagi kesehatan salah satunya yakni sebagai pencegahan anemia atau kekurangan darah. Jengkol kaya akan zat besi yang sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi kekurangan produksi sel darah merah dalam tubuh.

Saat tubuh kekurangan zat besi maka produksi sel darah merah akan menurun. Akibatnya, suplai oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh seluruh sel di dalam tubuh juga akan berkurang.

Efek kekurangan suplai oksigen dan nutrisi dalam sel akan menurunkan fungsi dan kinerja sel. Tak heran, seseorang mengalami kekurangan zat besi, ia akan terlihat lemas, lelah, dan tidak bersemangat.

Mengonsumsi manfaat jengkol saat haid sangat dianjurkan, karena tubuh kekurangan zat besi akibat banyaknya darah haid yang keluar dari tubuh.

Baca Juga: Meraup Sukses di Bisnis Sayuran Berkat Ilmu Pertanian

2. Memperkuat tulang dan gigi

Selain zat besi dan protein, manfaat jengkol untuk kesehatan yakni mengandung banyak kalsium dan fosfor. Kedua zat ini sangat penting untuk tulang.

Kalsium dan fosfor dapat mencegah pengeroposan tulang alias osteoporosis. Jadi, sering-seringlah mengonsumsi jengkol dengan porsi yang cukup untuk membuat tulang menjadi lebih kuat.

3. Hilangkan radikal bebas

Manfaat jengkol juga berkaitan dengan pengurangan radikal bebas. Jengkol terdiri dari beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C.

Vitamin A bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan dapat meningkatkan ketajaman indera penglihatan. Vitamin A dan Vitamin C juga berperan sebagai antioksidan.

Antioksidan pada manfaat jengkol diketahui ampuh menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Baca Juga: Informasi terkini! 16 Bandara ini sudah melayani tes GeNose C19

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru