Cara Alami Ini Bisa Bantu Membersihkan Usus Kotor, Catat!

Minggu, 02 Januari 2022 | 09:45 WIB   Reporter: Christ Penthatesia
Cara Alami Ini Bisa Bantu Membersihkan Usus Kotor, Catat!


KESEHATAN - Makanan yang dikonsumsi tubuh akan diproses melalui organ organ dalam tubuh sebelum disimpan menjadi energi dan dibuang menjadi kotoran.

Salah satu organ yang bekerja dan memiliki peran penting untuk memproses makanan adalah usus. Makanan akan diproses di usus yang kemudian sisa makanan dan racun dibuang melalui kotoran.

Maka dari itu, kesehatan usus juga perlu untuk diperhatikan. Jangan sampai tubuh memberikan tanda bahwa usus terlalu kotor dan perlu untuk dibersihkan.

Baca Juga: 6 Serial Netflix Paling Ditunggu Tahun 2022, Mana Favorit Anda?

Beberapa cara alami dibawah ini bisa digunakan untuk membantu tubuh membersihkan usus dari racun dan sisa makanan.

Air

Menggunakan air adalah salah satu membersihkan usus teraman yang bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun. Melansir dari laman Medical News Today, menjelaskan bahwa seseorang yang kekurangan air akan mengalami kesulitan untuk mencerna makanan.

Hal tersebut akan membuat usus terus mencari supply air yang membuat kotoran keras dan menjadi kering ketika dikeluarkan.

Jus buah dan sayur

Jus buah dan sayur juga sering digunakan untuk melakukan proses detox usus dan membersihkan usus dari kotoran. Tentu saja jus buah dan sayur yang dimaksud disini adalah jus buah dan sayur yang murni tanpa adanya tambahan pemanis seperti gula atau susu.

Baca Juga: Jamkrindo Menargetkan Volume Penjaminan Sebesar Rp 246 Triliun di 2022

Umumnya buah seperti apel dan kulitnya, pir, pisang, lemon, kiwi, anggur, plum, dan persimmon adalah buah yang kerap dijadikan campuran untuk jus buah dan sayur.

Probiotik

Laman Health Line juga menyarankan untuk mengkonsumsi probiotik sebagai salah satu cara membersihkan usus. Probiotik memiliki kandungan bakteri baik yang bisa digunakan untuk membantu memperlancar sistem pencernaan.

Contoh probiotik seperti yogurt, kimchi, cuka apel, makanan dan minuman fermentasi lainnya dapat dimasukan dalam menu diet untuk membersihkan usus.

Air garam

Bagi yang memiliki masalah pada sistem pencernaan harus lebih sering melakukan proses pembersihan usus seperti menggunakan air garam.

Cara mengkonsumsi juga cukup mudah, cukup campurkan 2 sendok teh garam dalam satu gelas air hangat. Konsumsilah air garam ini saat pagi hari saat perut masih dalam kondisi kosong sebelum makan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia

Terbaru