Cara-Cara Mudah untuk Melegakan Hidung Tesumbat Tanpa Perlu Obat-Obatan

Sabtu, 29 Januari 2022 | 16:15 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Cara-Cara Mudah untuk Melegakan Hidung Tesumbat Tanpa Perlu Obat-Obatan


KONTAN.CO.ID -  Anda mengalami masalah dengan hidung mampet atau tersumbat? Berikut ini cara-cara alami dan mudah untuk melegakannya. 

Ada banyak faktor yang membuat hidung tersumbat dan mampet. Pilek, flu, alergi, hingga Covid-19 bisa membuat hidung berlendir dan tersumbat. 

Hidung yang tersumbat karena lendir atau ingus, menyebabkan seseorang sulit untuk bernapas dan membaui sesuatu. Kondisi ini tentu membuat tidak nyaman terutama jika terjadi pada anak-anak.

Sebelum mengonsumsi obat kimia untuk meredakan hidung tersumbat, ada baiknya Anda mencoba cara yang lebih alami. 

Merangkum dari Healthline dan Medical News Today, berikut ini cara alami mengatasi hidung tersumbat yang mudah Anda coba:

Baca Juga: Universitas Pertamina Buka 3 Beasiswa Tahun 2022 Buat Lulusan SMA, Ini Infonya

Uap air

Uap dipercaya mampu mengatasi masalah hidung yang tersumbat dan mampet. Uap yang berasal dari air panas atau minuman panas bisa membantu mengencerkan lendir pada hidung dan membantu mengeluarkannya.

Melegakan hidung mampet dengan cara ini cara ini cukup mudah. Yang perlu Anda siapkan adalah mangkuk besar, air panas, dan handuk. 

Tuang air panas ke dalam mangkuk atau baskom besar. Arahkan kepala ke atas baskom lalu tutupi dengan handuk. Hirup perlahan uap dari air panas tersebut. Agar hasilnya efektif, lakukan cara ini 3-4 kali sehari.

Anda juga bisa memanfaatkan humidifer jika di rumah terdapat alat ini. Humidifer berfungsi untuk menjaga dan meningkatkan kelembapan ruangan. 

Udara yang lembab bisa membuat jaringan dan pembuluh darah di hidung menjadi lebih rileks. Lendir atau ingus yang terdapat di dalam hidung juga bisa mengalir lebih baik dengan menggunakan humidifer. 

Mandi air hangat

Selain menghirup uap, mandi dengan air hangat juga bisa membantu mengatasi hidung tersumbat sebelah atau keseluruhan. 

Panaskan air untuk mandi lalu tuangkan ke dalam ember atau bak mandi. Tambahkan air dingin secukupnya agar tidak terlalu panas. Jika air dirasa sudah cukup hangat, Anda bisa menggunakannya untuk mandi. 

Baca Juga: 15 Jurusan Saintek UI yang Sepi Peminat di SNMPTN 2021, Buat Referensi Tahun Ini

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru