CLOSE [X]

Cara dan syarat mahasiswa bisa dapat KUR, pembiayaan hingga Rp 500 juta

Kamis, 04 November 2021 | 06:00 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Cara dan syarat mahasiswa bisa dapat KUR, pembiayaan hingga Rp 500 juta


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah mendorong agar para mahasiswa bisa menjadi wirausaha baru dengan program Kredit Usaha (KUR).

Mengutip Tribunnews.com pada Selasa (26/10/2021), dukungan pemerintah berupa akses pembiayaan murah dan mudah bagi pelaku UMKM, khususnya yang berasal dari kalangan mahasiswa, diharapkan dapat menggerakkan jiwa kewirausahaan dan mampu menciptakan lapangan kerja sehingga dapat mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional.

“Pemerintah terus berupaya merumuskan kebijakan strategis bagi UMKM untuk mewujudkan kesejahteraan dan pemerataan, karena UMKM terbukti sebagai critical engine dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi Covid-19,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam acara Sosialisasi Kredit Usaha (KUR) Goes to Campus yang dilaksanakan secara virtual pada Selasa (26/10/2021).

Melansir indonesiabaik.id, persyaratan bagi mahasiswa dipermudah. Salah satunya dengan persyaratan usaha berupa surat keterangan.

Baca Juga: Insentif Kartu Prakerja gagal cair karena 5 alasan ini

Jenis KUR yang dapat diakses mahasiswa wirausahawan adalah:

1. KUR Super Mikro 

KUR Super Mikro ditujukan untuk pembiayaan hingga Rp 10 juta

2. KUR Mikro 

KUR Mikro untuk pembiayaan Rp 10 juta - Rp 50 juta

3. KUR Kecil 

KUR Kecil untuk pembiaayaan Rp 50 juta - Rp 500 juta.

Baca Juga: Daftar bansos yang cair November 2021: Ada BLT UMKM, diskon listrik PLN, hingga PKH

Melansir informasi dari Kompas.tv, dari beberapa bank penyalur KUR yang ditunjuk pemerintah, BRI adalah bank dengan kuota penyaluran KUR terbesar. Yaitu Rp 195 triliun.

Bagi mahasiswa yang ingin mengajukan KUR ke BRI, berikut adalah syaratnya:

1. Individu (perorangan) memiliki usaha yang telah berjalan minimal 6 bulan.

2. Untuk pinjaman Rp10 juta, usaha yang berjalan cukup selama 4 bulan

3. Menjalankan usahanya di salah satu platform e-commerce (misalnya Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lainnya) dan/atau penyedia ride hailing (Gojek atau Grab)

4. Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit 

5  Melengkapi persyaratan administrasi berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat ijin usaha (dapat berupa surat keterangan yang diterbitkan oleh e-commerce atau ride hailing)

Baca Juga: Kredit Bank Mandiri tumbuh 16,93% di kuartal III-2021, berikut sektor penggeraknya

Sedangkan cara mengajukan BRI secara online adalah:

1. Buka laman kur.bri.co.id

2. Pilih "Ajukan Pinjaman"

3  Login menggunakan alamat email dan masukkan kata sandi jika sudah memiliki akun. Namun, jika belum memiliki akun di laman tersebut bisa memilih " Daftar".

4  Baca pernyataan yang diberikan oleh BRI dan klik "Setuju"

5. Isi formulir pengajuan yang diberikan oleh BRI secara online seperti tentang profil calon nasabah, profil usaha, unggah dokumen, dan data pengajuan.

Melansir kur.ekon.go.id, program KUR adalah salah satu program pemerintah dalam meningkatkan akses pembiayaan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang disalurkan melalui lembaga keuangan dengan pola penjaminan. 

Program KUR dimaksudkan untuk memperkuat kemampuan permodalan usaha dalam rangka pelaksanaan kebijakan percepatan pengembangan sektor riil dan pemberdayaan UMKM.

Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, pemerintah menerbitkan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2007 tentang Kebijakan Percepatan Pengembangan Sektor Riil dan Pemberdayaan UMKM. Program KUR secara resmi diluncurkan pada tanggal 5 November 2007. 

Pembiayaan yang disalurkan KUR bersumber dari dana perbankan atau lembaga keuangan yang merupakan Penyalur KUR.  

Dana yang disediakan berupa dana keperluan modal kerja serta investasi yang disalurkan kepada pelaku UMKM individu/perseorangan, badan usaha dan/atau kelompok usaha yang memiliki usaha produktif dan layak namun belum memiliki agunan tambahan atau feasible namun belum bankable.

 

Selanjutnya: Buka link bsu.kemnaker.go.id, apakah terima BSU / subsidi gaji November 2021?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru