Cara diet sehat untuk menurunkan berat badan, konsumsi makanan ini

Selasa, 11 Mei 2021 | 04:10 WIB Sumber: Kompas.com
Cara diet sehat untuk menurunkan berat badan, konsumsi makanan ini

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Diet termasuk cara yang dilakukan banyak orang untuk menurunkan berat badan. Agar diet berhasil menurunkan berat badan, konsumsilah bahan makanan yang tepat.

Pola diet sehat untuk menurunkan berat badan terdiri dari makanan seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, mengandung protein tanpa lemak, dan lemak sehat. "Buah dan sayuran secara khusus adalah makanan berkalori paling rendah dan kaya akan nutrisi, vitamin, mineral, antioksidan, serta serat yang tinggi." Demikian kata ahli diet yang berbasis di Nevada, Roxana Ehsani, MS, RD.

Secara khusus, Ehsani menyebut serat makanan sangat penting untuk menurunkan berat badan. Sebab, makanan berserat membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan membuat kita kenyang lebih lama, yang secara tidak langsung dapat mengurangi asupan makanan.

"Protein makanan juga penting untuk dimasukkan ke dalam setiap makanan dan kudapan karena membantu membuat seseorang kenyang lebih lama," kata dia.

"Ini juga membantu menjaga massa otot seseorang dan menghilangkan lemak tubuh saat mengurangi asupan kalori," sambung dia.

Jika tujuan kita adalah menurunkan berat badan, membatasi jenis makanan tertentu yang rendah nutrisi dan tinggi kalori juga dapat membantu. Dan, sementara tidak ada makanan yang secara ajaib dapat menurunkan berat badan, kombinasi makanan sehat tertentu bisa membuat kita berada di jalur yang benar.

Baca juga: Bisa turunkan berat badan, berikut 6 manfaat pare untuk kesehatan

Nah, untuk menurunkan berat badan. kita bisa menambahkan beberapa makanan sehat yang rendah kalori ke dalam rutinitas makan kita seperti dilansir dari laman Parade berikut ini.

1. Semangka

Salah satu makanan yang bisa membantu menurunkan berat badan adalah semangka. Eshani mengatakan, semangka mengandung 92 persen air, rendah kalori, sarat dengan vitamin, dan mineral.

Lalu, semangka pun mengandung likopen, antioksidan kuat yang membantu mencegah penyakit tertentu. Mengonsumsi makanan yang kaya volume atau makanan tinggi air telah dikaitkan dengan penurunan berat badan karena membuat perut kita lebih kenyang dan makan lebih sedikit.

"Banyak orang berjuang untuk mendapatkan jumlah air yang disarankan setiap hari. Dengan makan 1-2 mangkok semangka ini dapat membantu seseorang memenuhi jumlah cairan yang disarankan per hari," kata dia.

2. Oatmeal

Makanan lain yang bisa membantu menurunkan berat badan adalah oatmeal. Serat larut pada oatmeal dapat membuat kita merasa kenyang selama berjam-jam.

Selain itu, makanan ini juga baik bagi kesehatan jantung. "Oatmeal memberi kita energi yang berkelanjutan sehingga kita bisa berolahraga lebih lama dan menghasilkan lebih banyak kalori yang terbakar." Demikian diungkapkan ahli diet, Sylvia Klinger, DBA, MS, RD.

Simak daftar bahan makanan yang bisa membantu menurunkan berat badan di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto
Terbaru