Cara diet sehat untuk menurunkan berat badan, konsumsi makanan ini

Selasa, 11 Mei 2021 | 04:10 WIB Sumber: Kompas.com
Cara diet sehat untuk menurunkan berat badan, konsumsi makanan ini

8. Buah stroberi

Buah stroberi juga termasuk kelompok makanan yang membantu menurunkan berat badan. Buah stroberi secara alami rendah gula dan kalori, serta tinggi serat larut. Kandungan antioksidannya juga dapat mencegah penyakit, yang menjadikannya tambahan ideal untuk rencana penurunan berat badan.

9. Daging tanpa lemak

Daging tanpa lemak juga makanan yang bisa membantu menurunkan berat badan. Ada bukti bahwa diet protein tinggi dapat menyebabkan penurunan asupan kalori yang mengakibatkan penurunan berat badan karena efek mengenyangkan.

"Daging tanpa lemak kalengan seperti salmon kaleng, tuna, ayam dapat memberikan manfaat yang sama tetapi dengan biaya yang lebih rendah," ujar Klinger.

10. Kacang kenari

Makanan lainnya yang membantu menurunkan berat badan adalah kacang kenari. Kacang kenari mengandung lemak sehat, sedikit serat dan protein.

"Kacang kenari mengandung vitamin E, dan memiliki manfaat antioksidan tertinggi, serta jumlah omega-3 dari semua kacang lainnya," kata Ehsani.

Mengonsumsi makanan kaya omega 3 dapat menurunkan risiko seseorang terkena penyakit jantung, mengurangi peradangan di tubuh seseorang, dan meningkatkan fungsi otak.

Baca juga: Coba 4 cara menurunkan berat badan dengan cepat ini, yuk

11. Yogurt bebas lemak

Selanjutnya, daftar makanan yang membantu menurunkan berat badan adalah yogurt bebas lemak. Para peneliti menunjukkan, orang yang makan yogurt bebas lemak sebanyak tiga porsi per hari bersama dengan diet rendah kalori akan kehilangan lebih banyak berat badan dan lemak tubuh.

Klinger mengatakan, penting untuk diperhatikan, pemakan yogurt mengonsumsi lebih banyak vitamin D, kalsium, dan kalium dengan lebih sedikit gula tambahan, serta lebih sedikit natrium.

12. Ubi jalar

Ubi jalar juga termasuk makanan yang bisa membantu menurunkan berat badan.  Ubi jalar tidak hanya mengandung serat yang membantu kita merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama.

Tetapi, ubi jalar juga memiliki sejumlah besar vitamin A dan mineral. "Mengonsumsi ubi jalar membuat kita merasa kenyang sehingga kita akan makan lebih sedikit," kata Klinger.

13. Ubi bit

Ubi bit juga termasuk makanan yang bisa membantu menurunkan berat badan. Ubi bit adalah makanan yang rendah kalori, tinggi vitamin, mineral, antioksidan, dan serat.

Ubi ini juga mengandung nitrat makanan yang diubah menjadi oksida nitrat, sehingga melebarkan pembuluh darah. Kandungan ini pun dapat menyebabkan tekanan darah turun, serta meningkatkan aliran darah.

Itulah daftar bahan makanan yang bisa membantu menurunkan berat badan. Jangan lupa berolahraga secara rutin agar lebih cepat menurunkan berat badan badan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mau Turun Berat Badan? Ini 14 Asupan yang Bisa Bantu Kurangi Lemak",

Penulis : Ryan Sara Pratiwi
Editor : Glori K. Wadrianto

Selanjutnya: Cara mengurangi risiko Covid-19, segera turunkan berat badanmu

 

Editor: Adi Wikanto
Terbaru