Cara memerahkan bibir secara alami bisa pakai 6 bahan ini

Rabu, 07 April 2021 | 08:29 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cara memerahkan bibir secara alami bisa pakai 6 bahan ini

ILUSTRASI. Cara memerahkan bibir secara alami bisa menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan. REUTERS/Neil Hall

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tak hanya kulit wajah, bagian bibir juga perlu mendapat perawatan supaya kondisinya terjaga. Ada banyak cara memerahkan bibir secara alami yang bisa Anda coba. Dengan begitu, tampilan Anda bisa menjadi lebih maksimal.

Bibir Anda lebih sensitif dari bagian kulit yang lain. Jika tidak dirawat dengan baik, tentu kondisinya menjadi lebih mudah pecah-pecah, terkelupas, atau berwarna lebih gelap. Selain memanfaatkan bahan-bahan alami, Anda perlu menghindari faktor-faktor yang menyebabkan masalah itu.

Ada beberapa faktor penyebab bibir berwarna gelap. Mulai dari dehidrasi, pola hidup yang tidak sehat, terlalu banyak mengonsumsi kafein, salah memilih make up, dan lain sebagainya. Jika bibir tetap berwarna gelap meski penyebabnya sudah Anda atasi, cobalah untuk memakai bahan-bahan ini.

Madu dan Lemon

Mengutip dari Stylecraze (stylecraze.com), madu bertugas untuk melembabkan bibir, sedangkan lemon berperan sebagai pencerah alami. Anda hanya perlu mencampur 1 sdt madu dan ½ sdt lemon. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada bibir selama minimal 10 menit lalu bilas dengan air hangat.

Baca Juga: Cari cara agar bibir tidak hitam? 5 bahan alami ini jawabannya

Minyak Kelapa dan Lidah Buaya

Cara memerahkan bibir selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan memanfaatkan minyak kelapa dan lidah buaya. Kandungan dalam lidah buaya bertugas sebagai antiinflamasi sehingga membantu proses penyembuhan. Hal itu semakin tertolong karena vitamin E dalam minyak kelapa bisa melembabkan bibir.

Pertama, campur gel lidah buaya dengan beberapa tetes minyak kelapa sesuai dengan kebutuhan Anda. Aduk hingga rata lalu oleskan pada bibir sebagai lip balm. Jika campuran lidah buaya dan minyak kelapa masih tersisa, Anda bisa menyimpannya di kulkas.

Baca Juga: Atasi bibir kering, ini 4 pelembab bibir dari bahan alami

Gula dan Minyak Zaitun

Minyak zaitun dan gula berguna sebagai cara memerahkan bibir secara alami.

Kombinasi gula dan minyak zaitun jadi rekomendasi Stylecraze selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan. Bahan alami tersebut bermanfaat sebagai eksfoliator sehingga sel kulit mati bisa terangkat secara maksimal. Jangan khawatir, bahan-bahan tersebut tidak akan membuat bibir Anda kering.

Caranya, campur 1 sdm gula dan 1 sdm minyak zaitun lalu aduk hingga rata. Setelah itu, gosokkan pada bibir dengan gerakan memutar. Gunakan handuk basah untuk membersihkan sisa campuran bahan tersebut yang masih menempel di bibir.

Selanjutnya: Tak perlu obat-obatan, ini cara mengatasi kulit kering secara alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru