Cara Memutihkan Gigi yang Kuning dengan Bahan-Bahan Simpel, Cek Apa Saja

Jumat, 22 Juli 2022 | 15:05 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Cara Memutihkan Gigi yang Kuning dengan Bahan-Bahan Simpel, Cek Apa Saja

ILUSTRASI. Cara Memutihkan Gigi yang Kuning dengan Bahan-Bahan Simpel, Cek Apa Saja.


Tips dan Cara - Masalah gigi kuning biasanya bisa diatasi dengan membersihkannya di dokter gigi. Selain berkonsultasi kepada ahli, Anda juga bisa menerapkan cara memutihkan gigi dengan bahan-bahan yang simpel dan mudah didapat.

Masalah gigi dan mulut seperti gigi kuning sering membuat seseorang menjadi minder, sehingga banyak yang mencari cara untuk menghilangkan masalah ini.

Banyak produk di pasaran yang menjanjikan mampu menghilangkan plak dan memutihkan gigi. Beberapa produk pemutih gigi bahkan mematok harga cukup tinggi.

Namun, Anda bisa memanfaatkan berbagai bahan alami dan mudah ditemukan untuk mengatasi masalah gigi kuning. 

Apa saja bahan tersebut? Berikut ini rangkuman dari situs Healthline tentang cara memutihkan gigi dengan bahan alami:

Baca Juga: Teori-Teori Masuknya Ajaran dan Kebudayaan Islam ke Indonesia serta Buktinya

Baking soda

Baking soda sudah sejak lama digunakan untuk memasak terutama membuat roti dan kue. Namun siapa sangka jika bahan makanan ini juga mampu memutihkan gigi. 

Baking soda memiliki kandungan alami yang mampu memutihkan gigi dan menghilangkan noda. Selain memutihkan gigi, baking soda juga menjaga tumbuhnya bakteri di dalam mulut. 

Untuk memutihkan gigi, Anda cukup mencampur baking soda sebanyak 1 sendok teh dan 2 sendok teh air. 

Setelah membentuk pasta, Anda bisa menggunakan campuran tersebut untuk menyikat gigi. Gunakan pasta baking soda tersebut beberapa kali dalam seminggu untuk memutihkan gigi yang kuning. 

Activated charcoal

Activated charcoal atau arang aktif cukup populer di kalangan masyarakat beberapa waktu terakhir. Bahan ini diyakini mampu membersihkan dan memutihkan gigi. 

Arang aktif dapat menghilangkan noda pada gigi sekaligus menghilangkan bakteri dan racun pada mulut. 

Saat ini sudah banyak produk kesehatan gigi seperti pasta gigi yang mengandung activated charcoal. Namun ada juga cara lain menggunakan bahan ini untuk memutihkan gigi yang kuning. 

Campurkan pasta gigi dengan kapsul arang aktif. Gunakan campuran tersebut untuk menyikat gigi selama 2 menit. Jangan terlalu kasar saat menggosok gigi dengan pasta arang aktif tersebut dan hindari area gusi.

Buah dan sayuran

Selain bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan vitamin tubuh, buah dan sayuran juga bisa membersihkan gigi. Buat stroberi dan nanas dipercaya mampu memutihkan gigi yang kuning dan mengandung banyak vitamin. 

Cara memutihkan gigi dengan buah cukup mudah. Pertama campurkan baking soda dengan buah stroberi hingga membentuk pasta.

Kemudian gunakan campuran tersebut untuk menggosok gigi. Jangan terlalu sering menggunakan campuran ini bisa menimbulkan kerusakan pada email gigi. 

Baca Juga: Buka subsiditepat.mypertamina.id, Daftar MyPertamina Buat Beli Pertalite

Minyak kelapa

Minyak kelapa atau coconut oil juga bisa membantu menghilangkan masalah gigi kuning. Anda hanya perlu berkumur dengan minyak kelapa sebanyak 1-2 sendok teh selama 10-30 menit. 

Setelah berkumur, segera muntahkan minyak tersebut dan jangan ditelan karena mengandung bakteri dari mulut. 

Kemudian bilas dengan berkumur dengan air. Lalu minum segelas air putih setelah berkumur. Jangan lupa sikat gigi Anda seperti biasa. 

Cuka apel

Anda juga bisa memanfaatkan cuka apel untuk memutihkan gigi. Namun tidak disarankan untuk menggunakan bahan ini terlalu sering karena bisa merusak permukaan gigi. 

Cara memutihkan gigi dengan cuka apel sama seperti minyak kelapa. Pertama campurkan 2 sendok teh cuka apel dengan 6 ons air. 

Kemudian gunakan larutan tersebut untuk berkumur selama 30 detik. Buang larutan tersebut dengan meludahkannya lalu bilas dengan air dan menyikat gigi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru