Cara mendapatkan obat Covid-19 gratis dari Kemenkes bagi pasien isoman

Jumat, 13 Agustus 2021 | 11:02 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Cara mendapatkan obat Covid-19 gratis dari Kemenkes bagi pasien isoman

ILUSTRASI. Isolasi Mandiri Covid-19.


COVID-19 - Cara mendapatkan obat Covid-19 gratis dari Kementerian Kesehatan perlu diketahui bagi pasien isolasi mandiri. Pasien isoman bisa mendapatkan obat Covid-19 gratis melalui layanan telemedisin di https://isoman.kemkes.go.id/ dari Kementerian Kesehatan. 

Sebelum menggunakan layanan ini, pasien Covid-19 harus melakukan tes PCR / swab antigen di laboratorium yang terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan. Daftarnya bisa diperiksa di https://www.litbang.kemkes.go.id/laboratorium-pemeriksa-covid-19/.

Jika hasil tes positif pasien akan menerima Whatsapp dari Kemenkes RI (dengan centang hijau) secara otomatis. Lalu, pasien dapat memeriksa apakah dapat menerima layanan gratis dengan memasukkan NIK di https://isoman.kemkes.go.id/.

Setelahnya konsultasi dapat dilakukan secara daring dengan dokter di salah satu platform layanan telemedisin secara gratis. Ada 11 platform telemedisin di Indonesia yang bekerjasama dengan Kemenkes antara lain Halodoc, YesDok, Alodokter, Klik Dokter, SehatQ, Good Doctor, Klinikgo, Link Sehat, Milvik, Prosehat, dan Getwell.

Sebelumnya, program obat Covid-19 gratis ini hanya berlaku untuk area Jabodetabek. Namun, dikutip dari laman Indonesia.go.id, mulai 22 Juli 2021, program obat Covid-19 gratis bisa didapatkan di Jabodetabek, Kota Karawang, Kota Bandung, Kota Semarang, Kota Surakarta, Kota Yogyakarta, Kota Surabaya, Kota Malang, dan Kota Denpasar.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 masih menahan laju bisnis Sunter Lakeside Hotel (SNLK)

Cara mendapatkan obat Covid-19 gratis khusus pasien yang isoman 

Dirangkum dari laman Indonesia.go.id dan instagram resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika, berikut cara mendapatkan obat Covid-19 gratis khusus pasien yang isoman: 

  1. Melakukan tes RT-PCR/Swab Antigen di laboratorium yang terafiliasi dengan Kemenkes. 
  2. Jika hasil tesnya positif, pasien akan menerima pesan WhatsApp (WA) dari Kemenkes RI (dengan centang hijau) secara otomatis. 
  3. Periksa apakah dapat menerima layanan gratis dengan memasukkan NIK di isoman.kemkes.go.id. 
  4. Lakukan konsultasi secara daring dengan dokter di salah satu platform layanan telemedisin secara gratis di menu konsultasi dan memasukkan kode voucher ISOMAN di aplikasi yang Anda pilih. 
  5. Lakukan konsultasi dokter dengan menginformasikan Anda adalah pasien program Kementerian Kesehatan. 
  6. Dokter akan memberikan resep digital sesuai dengan kondisi pasien. 
  7. Jika pasien masuk dalam kategori yang dapat melakukan isoman, obat dapat ditebus gratis.
  8. Isi formulir pesanan yang tersedia pada menu Tebus Resep dengan mengunggah resep digital (JPG atau screen capture) yang dikeluarkan dari platform telemidisin, KTP, dan alamat pengiriman. Obat dan/atau vitamin akan ditanggung oleh Kemenkes sesuai dengan ketentuan.
  9. Kemenkes bekerja sama dengan jasa pengiriman SiCepat untuk mengambil obat/vitamin dari apotek Kimia Farma dan mengirimkan ke alamat pasien. Hanya pasien dengan nomor terdaftar di database Kemenkes (NAR) dan memiliki kasus aktif yang berhak mendapatkan obat dan vitamin.

Baca Juga: Desinfektan alami bisa dibikin sendiri saat harus isolasi mandiri

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru