Cara mengatasi asam lambung tanpa obat apotik, gunakan bahan alami ini

Senin, 31 Mei 2021 | 18:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cara mengatasi asam lambung tanpa obat apotik, gunakan bahan alami ini


KESEHATAN - JAKARTA. Ada banyak obat asam lambung yang bisa didapatkan di apotik. Namun, tanpa obat apotik, kita bisa menyembuhkan sakit asam lambung dengan bahan-bahan alami berikut ini.

Asam lambung dibutuhkan tubuh untuk mencerna makanan. Namun, masalah terjadi saat jumlah asam lambung terlalu tinggi dan tak terkontrol. Anda perlu mengonsumsi obat asam lambung supaya kondisi kesehatan Anda tak semakin parah.

Salah satu tanda jumlah asam lambung tinggi adalah heartburn atau sensasi panas. Biasanya, gejala itu muncul di sekitar perut hingga saluran pencernaan atas. Heartburn yang terlalu parah bisa menyebabkan Anda mengalami nyeri dada sehingga hal itu perlu Anda hindari.

Sebenarnya, ada banyak obat yang bisa Anda temukan di apotek. Namun, tak ada salahnya untuk mencoba bahan-bahan alami supaya asam lambung lebih terjaga. Namun, usahakan untuk konsultasi dengan dokter sebelum Anda mengonsumsi bahan-bahan ini secara rutin.

Nanas

Tahukah Anda bahwa nanas bisa dimanfaatkan sebagai obat asam lambung? Femina India (femina.in) mengatakan bahwa bromelain yang terdapat dalam nanas bisa mengatasi gejala asam lambung tinggi, seperti heartburn. Anda hanya perlu mengonsumsi segelas jus nanas, apalagi setelah mengonsumsi makanan pedas.

Baca Juga: Catat, inilah 4 penyebab maag yang perlu Anda waspadai

Daun Mint

Asam lambung tinggi juga bisa diatasi dengan daun mint, lo. Bahan alami itu mampu memberikan efek sajuk sehingga sensasi terbakar dan rasa sakit akibat meningkatnya asam lambung dapat teratasi dengan baik.

Selain meredakan gejala asam lambung, daun mint juga bisa menurunkan jumlah asam lambung dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Untuk mendapat manfaat itu, Anda hanya perlu mengonsumsi air rebusan daun mint secara rutin.

Pisang

Melansir Femina India, asam lambung tinggi bisa diobati dengan pisang. Jenis buah itu mengandung banyak serat dan kalium. Kalium dapat meningkatkan produksi lendir sehingga jumlah asam lambung dan efek asam lambung tinggi bisa dihindari.

Baca Juga: 3 Minuman yang efektif membantu meredakan asam lambung

Jahe

Bahan alami selanjutnya yang efektif dijadikan obat asam lambung adalah jahe. Kandungan dalam jenis rempah itu mampu megurangi peradangan, mengendurkan otot, dan mengurangi mual akibat jumlah asam lambung yang terlalu tinggi.

Tidak berhenti sampai di situ, jahe pun dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan mengobati infeksi flu. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah. Pertama, campur 1 sdm jahe, 1 sdm air lemon, dan 2 sdm madu dalam segelas air hangat. Konsumsi air campuran itu hingga kondisi tubuh membaik.

Selanjutnya: Segar dan kaya nutrisi, ini minuman yang bisa meredakan asam lambung tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru