Cara mengenali tubuh kelebihan gula, penting untuk mencegah diabetes

Rabu, 23 Juni 2021 | 05:10 WIB Sumber: Kompas.com
Cara mengenali tubuh kelebihan gula, penting untuk mencegah diabetes

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Pahami cara mengenali tubuh telah mengalami kelebihan gula. Hal ini penting untuk mencegah timbulnya penyakit diabetes.

Kekurangan gula, tubuh akan kekurangan kalori sehingga tak berenergi. Namun jika kebanyakan gula, maka berbagai gangguan penyakit akan datang mengincar.

Berbagai pola makan sehat selalu menganjurkan untuk membatasi asupan gula. Namun asupan gula, tak hanya bisa terukur lewat takaran sendok saja.

Karena ada zat-zat gula yang tersembunyi, bahkan di berbagai sajian yang menurut kita berkadar manis biasa-biasa saja. Lantas bagaimana untuk mengukur apakah asupan gula kita berlebihan atau dalam kondisi cukup?

Kita bisa mengukur jumlah asupan gula yang masuk ke dalam tubuh dengan mencermati berbagai tanda atau alarm tubuh. Berikut ini adalah cara mengenali kelebihan gula dalam tubuh:

1. Tubuh akan terus-menerus haus

Cara pertama mengenali kelebihan gula dalam tubuh adalah tubuh akan terus-menerus haus. Dilansir dari Healthsupportmag, ketika tubuh mendapatkan asupan gula berlebih, tubuh akan mengeluarkan sinyal untuk haus atau membutuhkan minum.

Sinyal ini keluar meski Anda sudah minum cukup, dan Anda tak sedang berolahraga sehingga kehabisan banyak cairan. Terlalu banyak gula, memang akan memancing tubuh untuk terus-menerus mengeluarkan urin.

Efeknya, Anda akan terus dilanda haus. Untuk mengatasi, minumlah air mineral atau infused water dari buah dan sayuran segar.

Baca juga: Konsumsi 5 makanan ini jadi cara menurunkan gula darah

2. Berat badan naik terus

Cara kedua mengenali kelebihan gula dalam tubuh adalah berat badan naik terus. Ketika sudah menjaga pola makan namun pakaian terus terasa menyempit, bisa jadi Anda kelebihan asupan gula.

Gula lebih mudah menaikkan berat badan ketimbang lemak dan kolesterol. Gula di sini biasanya datang dari minuman seperti teh, kopi dan soda.

Cobalah untuk menyesap kopi dan teh tanpa gula, dan Anda akan kehilangan beberapa kilo berat badan tanpa perlu bersusah payah diet.

3. Selalu mencari minuman dan kudapan manis

Cara ketiga mengenali kelebihan gula dalam tubuh adalah selalu ingin mendapatkan minuman dan kudapan manis. Kudapan dan minuman manis memiliki efek adiktif.

Gula memiliki zat adiktif. Jadi semakin sering dan semakin banyak Anda mengonsumsi gula maka akan semakin sering pula Anda membutuhkan minuman dan sajian yang serba manis.

Gula membuat kecanduan karena gula bisa merangsang produksi dopamin atau hormon yang membuat bahagia.

Simak cara mengenali kelebihan gula dalam tubuh di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto
Terbaru