Cara Menghilangkan Bau Kambing pada Daging Kurban Agar Sajian Idul Adha Lebih Nikmat

Sabtu, 09 Juli 2022 | 04:38 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Cara Menghilangkan Bau Kambing pada Daging Kurban Agar Sajian Idul Adha Lebih Nikmat

ILUSTRASI. Cara Menghilangkan Bau Kambing pada Daging Kurban Agar Sajian Idul Adha Lebih Nikmat. ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/foc.


KONTAN.CO.ID -  Bau prengus pada daging kambing kurban sering membuat sajian khas Idul Adha menjadi kurang nikmat. Agar bau kambing bisa hilang, berikut ini cara-cara yang bisa Anda pakai. 

Saat Idul Adha, banyak masyarakat yang mendapatkan daging kurban berupa daging hingga jeroan sapi atau kambing. 

Daging, khususnya daging kambing, jika diolah dengan metode yang salah justru akan membuat bau prengus semakin kuat. 

Akibatnya tentu masakan akan memiliki bau kambing yang sangat kuat sehingga membuat nafsu makan bisa hilang. 

Selain bau prengus, daging kambing terkadang juga menjadi alot saat diolah dengan teknik dan cara masak yang keliru. 

Bagaimana cara menghilangkan bau kambing pada daging kurban? Berikut ini tipsnya, dirangkum dari Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto. 

Baca Juga: Dicari Volunteeer untuk ASEAN Para Games 2022, Ini syarat dan cara Daftarnya

Tidak mencuci daging

Kebanyakan masyarakat mungkin berfikir jika daging kurban yang didapat tidak terlalu bersih sehingga langsung mencucinya. 

Namun hal ini justru akan membuat bau prengus pada daging kambing semakin kuat dan alot saat dimasak. 

Sebaiknya Anda langsung mengolah daging tersebut atau direbus tanpa dicuci terlebih dahulu. Pastikan air sebelum direbus bersuhu ruangan. 

Nanas, timun, dan daun pepaya

Ada beberapa bahan makanan yang bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan bau kambing sekaligus membuat daging lebih empuk. 

Buah nanas bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bau kambing sekaligus membuat daging tidak alot. 

Caranya cukup parut buah nanas sesuai kebutuhan Anda lalu campur parutan tersebut dengan daging kambing. Aduk dan peras perlahan lalu diamkan beberapa saat sebelum daging diolah. 

Selain nanas, timun dan jeruk nipis juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau kambing. Getah pada timun serta jeruk nipis bisa mengurangi bau prengus kambing. 

Sedangkan daun pepaya bisa digunakan untuk membuat daging tidak alot. Caranya adalah dengan membungkus daging dengan daun pepaya lalu diamkan beberapa saat. 

Merebus daging dengan rempah

Cara menghilangkan bau prengus pada daging kambing selanjutnya adalah dengan rempah-rempah. Saat merebus daging, tambahkan rempah seperti serai, daun jahe, atau kemangi. 

Anda juga bisa menambahkan ketumbar dan kunyit saat merebus daging kambing hasil berkurban saat Idul Adha. Rendam daging kambing dengan ketumbar lalu diamkan selama 30 menit. 

Sedangkan untuk menghilangkan bau kambing menggunakan kunyit, Anda cukup melumuri daging dengan bumbu yang mengandung kunyit. 

Lumuri daging beberapa saat sebelum dimasak lalu jika memungkinkan, rendam daging dengan air asam jawa. Sebelum diolah, cuci sebentar daging kambing tersebut lalu Anda bisa memasaknya sesuai selera. 

Baca Juga: Tips Membuat Bekal Penuh Gizi untuk Anak, Persiapan Sekolah Tatap Muka

Selain cara-cara di atas, Anda juga bisa menghilangkan bau kambing pada daging dengan menghilangkan lemaknya. 

Iris dan buang lemak daging yang berwarna putih. Buang secukupnya karena jika seluruh lemak dibuang, daging akan kurang gurih saat dimasak.

Demikian cara-cara untuk menghilangkan bau kambing pada daging kurban. Anda bisa mempraktekkan cara tersebut saat Idul Adha mendatang.

Setelah bau kambing tersebut hilang, daging bisa Anda masak sesuai dengan keinginan seperti dimasak menjadi gule atau sate kambing sebagai hidangan Idul Adha Anda.. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru