Cara menghilangkan jerawat batu bisa memakai 5 bahan ini

Kamis, 29 Juli 2021 | 12:41 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cara menghilangkan jerawat batu bisa memakai 5 bahan ini

ILUSTRASI. Cara menghilangkan jerawat batu dapat Anda lakukan dengan memakai bahan alami.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak masalah kulit yang dapat Anda alami, salah satunya adalah jerawat batu. Tak hanya terasa sakit, jerawat batu juga cenderung meninggalkan bekas yang sulit hilang. Untuk mengatasi itu, cobalah beberapa bahan alami sebagai cara menghilangkan jerawat batu.

Penting bagi Anda untuk melakukan uji coba sebelum memakai bahan alami dalam artikel ini di seluruh wajah. Apalagi jika Anda memiliki tipe kulit sensitif. Jika kulit tak iritasi atau tak ada reaksi alergi yang muncul, Anda bisa melanjutkan pemakaian.

Selain melakukan uji coba, penting pula bagi Anda untuk selalu berkonsultasi dengan dokter. Apabila bahan-bahan alami ini tak mampu menghilangkan jerawat batu, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang tepat.

Teh Hijau dan Madu

Mengutip dari Emedi Health (emedihealth.com), antioksidan yang terdapat dalam teh hijau efektif membersihkan kotoran dari pori-pori. Caranya, rebus satu kantung teh hijau dalam air selama tiga menit.

Setelah itu, keluarkan daun teh hijau dari kantung lalu tambahkan madu. Aduk rata hingga berbentuk pasta kemudian aplikasikan pada kulit. Diamkan dulu selama minimal 20 menit kemudian bilas dengan air dingin.

Baca Juga: 4 Manfaat lidah buaya untuk wajah, bisa jadi obat jerawat

Tea Tree Oil

Cara menghilangkan jerawat batu berikutnya yang bisa Anda jadikan pilihan adalah dengan memakai tea tree oil. Antimikroba yang terkandung dalam jenis minyak itu efektif mencegah infeksi jerawat yang lebih parah.

Anda perlu mencampur satu hingga dua tetes tea tree oil dalam air suling terlebih dahulu. Setelah tercampur rata, aplikasikan pada bagian kulit yang berjerawat. Jika jerawat muncul di bagian kulit lain yang sulit terjangkau, tak ada salahnya untuk mencampur tea tree oil pada air yang Anda gunakan untuk mandi.

Baca Juga: Perlu Anda waspadai, ini 4 penyebab bisul yang bisa terjadi

Kunyit dan Susu

Kunyit dan susu dapat digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat batu.

Emedi Health merekomendasikan kunyit untuk mengatasi masalah jerawat yang Anda alami. Sama seperti bahan alami yang telah disebutkan, kunyit mengandung nutrisi penting yang berguna untuk mengobati jerawat.

Mulai dari antioksidan, antiinflamasi, antimikroba, dan lain sebagainya. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika ingin memanfaatkan kunyit. Salah satunya adalah mencampur ½ sdt bubuk kunyit dalam segelas susu hangat. Konsumsi campuran itu sebanyak dua kali dalam sehari.

Selanjutnya: 4 Cara menghilangkan flek hitam memakai bahan alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru