Cara mengubah & memperbaiki data sertifikat vaksin Covid-19 menggunakan Whatsapp

Rabu, 17 November 2021 | 08:59 WIB Sumber: Kompas.com
Cara mengubah & memperbaiki data sertifikat vaksin Covid-19 menggunakan Whatsapp

ILUSTRASI. Cara mengubah & memperbaiki data sertifikat vaksin Covid-19 menggunakan Whatsapp


COVID-19 - Jakarta. Simak cara mudah mengubah atau memperbaiki data diri di sertifikat vaksin Covid-19. Kini, cara mengubah atau memperbaiki data diri di sertifikat vaksin Covid-19 bisa dilakukan secara mudah menggunakan aplikasi Whatsapp.

Seperti diketahui, cara cek dan download sertifikat vaksin Covid-19 bisa menggunakan aplikasi Whatsapp melalui Chatbot WhatsApp PeduliLindungi. Melalui Chatbot WhatsApp PeduliLindungi pula, kita bisa mengubah info diri atau memperbaiki data diri pada sertifikat vaksin Covid-19.

Cara mengubah info diri atau memperbaiki data diri melalui Chatbot WhatsApp ini dibuat untuk mempercepat respon pengaduan masyarakat terkait sertifikat vaksinasi yang biasanya dilakukan melalui email dan call center 119. “Kemkes RI menghadirkan layanan chatbot PeduliLindungi untuk mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan sertifikat, status vaksinasi, dan perbaikan info diri,” ujar Sekjen Kemenkes Kunta Wibawa Dasa Nugraha, dikutip dari laman Kemenkes.

Seperti diketahui, sudah ratusan juta penduduk Indonesia mendapatkan suntikan vaksin Covid-19. Disisi lain, sertifikat vaksin Covid-19 menjadi syarat wajib sejumlah kegiatan.

Satgas Covid-19 mencatat, per 16 November 2021 sebanyak 131,29 juta penduduk Indonesia sudah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 dosis pertama. Sedangkan suntikan vaksin Covid-19 dosis kedua sebanyak 85,37 juta dan dosis ketiga sebanyak 1,19 juta.

Baca juga: Booster vaksin Covid-19 akan berbayar, ini harga Sinovac, Pfizer, Moderna dll

Setelah suntik vaksin Covid-19, kita bisa download sertifikat. Namun, terkadang data di sertifikat vaksin Covid-19 terdapat kesalahan.

Bagaimana cara mengubah atau memperbaiki data diri sertifikat vaksin Covid-19 menggunakan WhatsApp?

Cara memperbaiki data diri sertifikat vaksin Covid-19 menggunakan WhatsApp

  • Berikut cara memperbaiki data diri pada sertifikat vaksin Covid-19 melalui WhatsApp:
  • Masyarakat menghubungi kontak WhatsApp Kemkes RI pada nomor 081110500567
  • Selanjutnya akan keluar tulisan “Selamat Datang di WhatsApp Resmi Kemenkes RI.
  • Untuk memulai silakan klik Menu Utama dan pilih layanan,” Klik pada pilihan “Menu Utama”
  • Selanjutnya centang pada pilihan “Sertifikat Vaksin” kemudian klik “Kirim”
  • Nantinya Anda akan diminta memasukkan nomor telepon yang terdaftar pada aplikasi PeduliLindungi
  • Setelah itu Anda akan diminta untuk menginput 6 Digit OTP yang dikirim ke handphone Anda Masukkan kode OTP yang Anda terima
  • Selanjutnya akan keluar 3 pilihan menu yakni: “Download Sertifikat”, “Status Vaksinasi”, dan “Ubah Info Diri”
  • Untuk melakukan perbaikan data maka klik “Ubah Info Diri”

Kunta menyampaikan, menu ‘Ubah Info Diri’ ini diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin mengubah data nama pada sertifikat vaksin, agar sesuai KTP dan nomor telepon terdaftar di aplikasi PeduliLindungi.

Menu WhatsApp PeduliLindungi Menu “Download Sertifikat” diperuntukkan untuk masyarakat yang terkendala akses sertifikat di Aplikasi PeduliLindungi. Sementara itu, menu “Status Vaksinasi” untuk melihat status vaksinasi masyarakat.

Lebih lanjut, Kunta menyampaikan selama ini pengaduan diarahkan ke email sertifikat@pedulilindungi.id atau Call Center 119 ext. 9. Adapun jumlah rata-rata aduan per minggu mencapai lebih dari 134.000 ke email dan 80.000 lewat telepon. Menurut dia, sebagian besar terkait informasi sertifikat vaksin Covid-19 dan penyesuaian data seperti nama dan nomor telepon.

Layanan Chatbot WhatsApp untuk pengaduan terkait sertifikat vaksin ini bisa diakses selama 24 jam. Selain itu Chief of Digital Tranformation Office (DTO), Kementerian Kesehatan, Setiaji mengatakan, nantinya perubahan data info diri yang dilakukan melalui WhatsApp dapat langsung terupdate dengan cepat. “Jadi pada saat nanti mendapatkan konfirmasi dari Chatbot tersebut pada saat itu juga sistem di dalam PeduliLindungi akan dilakukan perubahan. Kecuali kalau ada perubahan NIK nya yang terpakai itu beda lagi,” kata Setiaji.

Itulah cara memperbaiki data diri sertifikat vaksin Covid-19 menggunakan aplikasi Whatsapp. Semoga bermanfaat!

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Memperbaiki Data Sertifikat Vaksin Lewat WhatsApp",


Penulis : Nur Rohmi Aida
Editor : Rendika Ferri Kurniawan

 

Selanjutnya: Daerah bebas penularan Covid-19 per November 2021 semakin banyak, ini daftarnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru