Cara menyembuhka kencing batu tanpa obat

Selasa, 25 Mei 2021 | 18:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cara menyembuhka  kencing batu tanpa obat


KESEHATAN - JAKARTA. Ada beragam cara menyembuhkan kencing batu. Kencing batu adalah kondisi di mana batu keluar dari saluran kencing. Hal itu terjadi akibat penumpukan beberapa jenis mineral dalam tubuh, misalnya fosfor, kalsium, atau oksalat. Setiap orang memiliki batu kencing dengan ukuran yang berbeda-beda.

Masalah terjadi saat ukuran batu kencing terlalu besar dan tersangkut di bagian saluran kencing yang tidak tepat. Akibatnya, aliran cairan dalam sistem ekskresi mengalami penyumbatan sehingga rasa sakit Anda alami.

Rasa sakit bisa menyebar hingga ke selangkangan. Selain itu, kemunculan batu kencing juga bisa ditandai dengan gejala lain. Mulai dari mual, muntah, sering buang air kecil, muncul sensasi terbakar saat buang air kecil, dan urin yang keluar bercampur dengan darah.

Untuk mengatasi hal itu, tentu saja Anda perlu memeriksakan diri ke dokter. Nantinya, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan untuk mengobati masalah kesehatan yang sedang Anda alami. Selain itu, ada beberapa hal yang bisa Anda coba supaya kesehatan tubuh Anda tak memburuk.

Baca Juga: Tidak bisa disembuhkan, kenali penyebab dan gejala gagal ginjal

Minum Air Putih

Mengutip dari Ciplamed (ciplamed.com), minum air putih bisa jadi salah satu cara mengatasi kencing batu yang berukuran kurang dari 4 mm. Cobalah untuk minum 2.5 L hingga 3 L air putih setiap hari. Jumlah tersebut bisa berubah sesuai dengan lingkungan Anda.

Usahakan untuk minum lebih banyak air saat cuaca panas atau saat Anda melakukan banyak aktivitas fisik. Hal itu berguna untuk menyeimbangkan jumlah cairan dalam tubuh. Selain air putih, Anda juga bisa mengonsumsi air lemon. Asam sitrat yang terkandung di dalamnya bisa menghambat penumpukan mineral.

Pola Hidup Sehat

Menerapkan pola hidup sehat termasuk cara mengatasi kencing batu yang bisa Anda lakukan.

Cara mengatasi kencing batu selanjutnya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Cobalah untuk olahraga sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu. Selain itu, atur makanan apa saja yang Anda konsumsi.

Jika dibutuhkan, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi. Dengan begitu, Anda bisa mendapat menu sehat apa yang sebaiknya Anda konsumsi. Jangan lupa pula untuk mengatur stres supaya kondisi kesehatan Anda tetap terjaga.

Baca Juga: Ini daftar penyakit yang ditandai sakit pinggang sebelah kiri

Hindari Makanan tertentu

Ciplamed merekomendasikan Anda untuk menghindari beberapa jenis makanan. Batasi konsumsi makanan yang mengandung banyak garam, oksalat, dan protein hewani. Misalnya, red meat, bayam, makanan kaleng, dan lain-lain.

Operasi

Selain beberapa cara yang sudah disebutkan, batu kencing juga bisa dihilangkan dengan cara operasi. Biasanya, operasi dilakukan untuk membersihkan kencing batu dengan ukuran yang lebih besar. Tentu saja jenis operasi yang Anda butuhkan akan disesuaikan dokter dengan kondisi Anda.

Selanjutnya: 3 Gejala sakit ginjal ini perlu benar-benar Anda waspadai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru