Cara mudah membuat soal dan kuesioner di Google Form dari laptop

Selasa, 09 November 2021 | 12:42 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Cara mudah membuat soal dan kuesioner di Google Form dari laptop

ILUSTRASI. Cara mudah membuat soal dan kuisioner di Google Form dari laptop. ANTARA FOTO/Arnas Padda.


KONTAN.CO.ID - Di era serba digital seperti saat ini, hampir semua kegiatan bisa dilaksanakan secara online, termasuk mengerjakan soal dan kuisioner. Untuk membuat soal dan kuesioner,  Anda bisa memanfaatkan layanan Google Form. 

Google merupakan salah satu search engine atau mesin pencari yang memberikan berbagai fitur seperti email hingga maps dan Google Form.

Masyarakat bisa memanfaatkan fitur-fitur tersebut dengan mudah dan gratis selama terkoneksi dengan jaringan internet. 

Bersumber dari laman ditsmp.kemdikbud.go.id, Google Form adalah sebuah aplikasi berbasiskan situs yang memungkinkan penggunanya untuk membuat survei yang bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan. 

Dengan menggunakan layanan ini, pengguna bisa mendapatkan jawaban secara langsung dari audiens yang mengikuti survei.

Tidak hanya untuk membuat survei saja, Google Form bisa dimanfaatkan untuk membuat soal yang mempermudah guru untuk memberikan kuis atau ulangan. 

Baca Juga: 15 SMA terbaik di Bandung versi hasil UTBK LTMPT 2021

Membuat Google Form baru

Sebelum membuat daftar pertanyaan, terlebih dahulu Anda membuat halaman Google Form yang baru melalui laptop. Pertama buka Google Drive. 

Kemudian, klik ikon titik sembilan di bagian kanan atas. Pilihlah Google Form dan klik ikon (+) untuk membuat formulir baru. Setelahnya, sebuah formulir akan terbentuk. 

Pengguna bisa memberikan judul formulir sesuai dengan keinginannya, contohnya seperti “Kuis Bahasa Inggris Kelas 10"

Klik tombol setting di bagian kanan atas dan buka menu Quizzes untuk membuat soal berbentuk kuis dan ulangan. Setelah itu, pengguna mengklik “Make this a quiz”. Tersedia juga pilihan agar responden dapat melihat jawaban benar atau salah.

Setelah membuat formulir kuis, Anda bisa memilih tipe-tipe soal yang akan Anda masukkan ke dalam kuis Anda. Berikut ini cara membuat beberapa tipe soal di Google Form.

Membuat soal pilihan ganda

Langkah selanjutnya adalah membuat soal berbentuk pilihan ganda dengan cara mengubah pertanyaan sebagai multiple choice. 

Isi kolom “untitled question” dengan pertanyaan yang akan diajukan. Lalu, tambahkan beberapa pilihan jawaban. 

Jangan lupa untuk mengisi “answer key” untuk menentukan pilihan jawaban yang benar serta besaran poin untuk soal tersebut.

Baca Juga: Lowongan kerja BUMN Pertamina di banyak posisi dan wilayah, buruan daftar!

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru