Cara mudah mengajukan KUR BRI secara online, bunganya hanya 6%

Selasa, 31 Agustus 2021 | 05:50 WIB Sumber: Kompas.com
Cara mudah mengajukan KUR BRI secara online, bunganya hanya 6%

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Ikuti cara mengajukan kredit usaha rakyat (KUR) BRI yang mudah dilakukan ini. Pemilik UMKM bisa mengajukan KUR BRI untuk menambah modal agar usaha semakin berkembang.

Kredit usaha rakyat atau KUR merupakan kredit yang mendapatkan fasilitas subsisi dari pemerintah. Sejumlah bank milik negara menjadi agen penyalur KUR, salah satunya BRI. 

Pemerintah telah memperbesar plafon kredit KUR BRI tanpa jaminan atau agunan untuk pinjaman sampai Rp 100 juta dengan subsidi bunga sampai 3 persen. Sebelum penambahan plafon, KUR BRI tanpa agunan maksimal yakni sebesar Rp 50 juta untuk sekali pinjaman.

Para pemilik UMKM bisa mengajukan pinjaman BRI KUR tanpa agunan via layanan digital atau bisa diajukan secara online (KUR BRI online). Syarat pengjuan KUR BRI secara online ini pun mudah dipenuhi.

Pemerintah memutuskan untuk menambah plafon kredit KUR 2021 untuk semua bank BUMN dari Rp 253 triliun menjadi Rp 285 triliun. Dengan plafon KUR yang bertambah, kuota KUR lembaga penyalur juga meningkat, termasuk KUR BRI atau BRI KUR.

Fasilitas KUR BRI ini memiliki jangka waktu pinjaman yang fleksibel yakni antara 12 bulan, 18 bulan, dan 24 bulan. Fasilitas KUR BRI 2021 ini juga bebas biaya administrasi dan provisi. Selain itu, suku bunga yang diterapkan BRI KUR cukup ringan yakni 6 persen per tahun.

Baca juga: Syarat dan besaran bunga KPR BRI, siapa berminat mengajukan?

Cara dan syarat pengajuan KUR BRI secara online 2021

Tertarik untuk mengajukan KUR BRI? Berikut cara pengajuan dan syarat KUR BRI

Untuk persyaratan KUR BRI 2021 antara lain:

  • Individu (perorangan) memiliki usaha yang telah berjalan minimal 6 bulan
  • Menjalankan usahanya di salah satu platform e-commerce (misalnya Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lainnya) dan/atau penyedia ride hailing (Gojek atau Grab)
  • Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit 
  • Persyaratan administrasi KUR BRI: Identitas berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat ijin usaha (dapat berupa surat keterangan yang diterbitkan oleh e-commerce atau ride hailing)

Cara pengajuan KUR BRI online:

  • Buka laman kur.bri.co.id
  • Pilih "Ajukan Pinjaman"
  • Login menggunakan alamat email dan masukkan kata sandi jika sudah memiliki akun. Namun, jika belum memiliki akun di laman tersebut bisa memilih " Daftar".
  • Baca pernyataan yang diberikan oleh BRI dan klik "Setuju"
  • Isi formulir pengajuan yang diberikan oleh BRI secara online seperti tentang profil calon nasabah, profil usaha, unggah dokumen, dan data pengajuan.

Itulah cara dan syarat pengajuan KUR BRI secara online. Semoga Anda berhasil mendapatkan pinjaman KUR BRI dan mengembangkan bisnis.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mau Ajukan KUR BRI? Simak Persyaratan dan Bunganya",


Penulis : Muhammad Idris
Editor : Muhammad Idris

Selanjutnya: Plafon naik hingga Rp 100 juta, ini cara dan syarat pengajuan KUR BRI 2021

 

Editor: Adi Wikanto
Terbaru