Cara mudah mengobati ambeien menggunakan obat alami

Selasa, 17 Agustus 2021 | 05:10 WIB Sumber: Kompas.com
Cara mudah mengobati ambeien menggunakan obat alami


TIPS & TRIK - Jakarta. Info ini penting bagi penderita ambeien. Anda bisa mengobati ambeien tanpa menggunakan obat dari dokter. Simak cara alami mengobati ambeien berikut ini.

Ada beragam obat ambeien di apotek. Namun, selain konsumsi obat resep dokter, kita bisa menggunakan beragam cara alami untuk mengobati ambeien. 

Ambeien adalah masalah kesehatan membuat penderitanya merasa tidak nyaman saat duduk atau beraktivitas. Ambeien ringan biasanya tidak sakit, tapi benjolan yang berada di dalam dubur bisa berdarah ketika penderita buang air besar (BAB).

Ambeien dapar terasa sakit ketika benjolan ini sudah berpindah ke luar saluran anus selama BAB dan membengkak. Dalam kondisi yang parah, ambeien dapat membentuk gumpalan darah dan terasa sangat menyakitkan.

Melansir Verywell Health, pengobatan ambeien ringan tujuannya untuk mencegah penyakit agar tidak semakin parah. Untuk mengobati ambeien yang sudah parah, penderita memerlukan tindakan medis seperti operasi.

Sedangkan, cara mengatasi ambeien ringan bisa dengan makan makanan berserat, banyak minum air putih, menggunakan pelunak tinja, atau menggunakan obat ambeien yang dijual bebas di apotek dan toko obat. Selain itu, Anda juga bisa menjajal beberapa obat ambeien alami untuk mengatasi masalah kesehatan ini di rumah.

Baca juga: Ini sederet gejala ambeien yang harus Anda ketahui

Berikut beberapa cara mengobati ambeien secara alami:

1. Air hangat

Cara pertama mengobati ambeien secara alami adalah menggunakan air hangat. Ya, air hangat merupakan salah satu obat ambeien yang bisa didapat tanpa harus ke apotek. 

Melansir Cleveland Clinic, para dokter kerap merekomendasikan penderita ambeien yang kambuh di rumah untuk duduk di air hangat selama 15 menit selama beberapa kali sehari, terutama setelah BAB.

Terdapat ember khusus yang dijual untuk merendam pantat saat ambeien kambuh. Namun, Anda juga bisa menggunakan ember biasa yang muat dengan pantat dan aman ketika digunakan untuk duduk selama beberapa saat.

2. Witch hazel

Cara kedua mengobati ambeien secara alami adalah witch hazel. Witch hazel adalah obat ambeien kedua dari bahan alami. Witch hazel yang biasanya digunakan sebagai bahan skincare ternyata juga bisa dipakai untuk mengurangi rasa sakit, gatal, dan pendarahan saat ambeien kambuh.

Hingga kini belum ada penelitian ilmiah khusus yang mengungkap manfaat witch hazel sebagai obat ambeien. Namun, bahan alami ini potensial sebagai obat ambeien karena dapat mengatasi peradangan dan memperlambat pendarahan.

Cara menggunakan witch hazel sebagai obat ambeien alami cukup praktis. Tinggal oleskan minyak witch hazel ke wasir atau ambeien.

Simak cara mengobati ambeien di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto

Terbaru