Cara Terjemahkan Percakapan Indonesia-Inggris Di Google Translate dan Aplikasi Lain

Selasa, 13 September 2022 | 08:25 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Cara Terjemahkan Percakapan Indonesia-Inggris Di Google Translate dan Aplikasi Lain

ILUSTRASI. Cara Terjemahkan Percakapan Indonesia-Inggris Di Google Translate dan Aplikasi Lain


CARA TRANSLATE - Jakarta.  Cara translate Indonesia-Inggris atau sebaliknya bisa dilakukan tanpa harus diketik. Dari percakapan, kita bisa langsung translate Indonesia-Inggris atau sebaliknya dengan menggunakan Google Translate.

Cara terjemahkan percakapan Indonesia-Inggris atau sebaliknya serta bahasa lain dengan Google Translate memudahkan pengguna saat bepergian ke luar negeri. Terutama ketika orang tersebut hendak menanyakan petunjuk arah, lokasi tempat, hingga memesan menu makanan di restoran.

Cara terjemahkan percakapan Indonesia-Inggris dan bahasa lain bisa menggunakan fitur Conversation yang tersedia di aplikasi Google Translate. Fitur yang satu ini bisa dimanfaatkan untuk menerjemahkan percakapan lisan yang sedang berlangsung.

Mengutip Kompas.com, fitur Conversation dapat mengenali dua bahasa sekaligus. Dengan demikian, pengguna dapat mengucapkan kalimat dalam bahasa Indonesia yang akan langsung diartikan ke bahasa asing dan begitu juga sebaliknya.

Nah, untuk mengetahui cara menerjemahkan percakapan langsung di Google Transalate, silakan menyimak langkah-langkah berikut ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Google Support.

Baca Juga: 11 Layanan Translate Indonesia-Inggris Selain Google Translate

Cara terjemahkan percakapan Indonesia-Inggris dengan Google Translate

  • Buka aplikasi Google Translate.
  • Atur dan tentukan bahasa yang diinginkan.
  • Jika diperlukan, tekan tombol ikon "Download" untuk mengunduh file bahasa terlebih dahulu.
  • Tekan tombol "Conversation" di pojok kiri bawah aplikasi.
  • Apabila ingin mulai menerjemahkan, tekan tombol "Microphone" pada pilihan bahasa yang diinginkan.
  • Google Translate akan seacara otomatis menerjemahkan percakapan yang sebelumnya disampaikan dalam bahasa asing.
  • Untuk berhenti merekam percakapan, tekan kembali tombol "Microphone" yang sama.
  • Tombol "Auto" bisa ditekan untuk merekam dan menerjemahkan percakapan yang diucapkan dalam dua bahasa sekaligus.

Nah, selain aplikasi Google Translate, berikut aplikasi lain untuk menerjemahkan bahasa Indonesia-bahasa Inggris dan berbagai bahasa lain secara offline dan online:

1. Bing Translator

Bing Translator adalah layanan selain Google Translate untuk menerjemahkan bahasa Inggris-bahasa Indonesia maupun bahasa lain. Layanan translate Indonesia-Inggris Bing Translator dibuat oleh Microsoft.

Layanan translate Inggris-Indonesia Bing Translator mampu menerjemahkan hingga 5.000 karakter. Bing juga menyediakan layanan translate dalam 60 bahasa lain.

Keunggulan Bing dalam menyediakan layanan translate adalah fitur pendeteksi otomatis. Fitur ini untuk mempermudah pengguna dalam mengetahui bahasa asli teks sebelum diterjemahkan ke bahasa lain.

Bing Translator bisa diunduh ke dalam smartphone yang berbasis iOS dan juga Android. Pengguna layanan translate Inggris-Indonesia juga bisa akses Bing Translator menggunakan offline mode sehingga tak perlu kuota banyak untuk menggunakan aplikasi ini.

2. Yandex Translate

Layanan translate Indonesia-Inggris selain Google Translate adalah Yandex Translate.
Selain menerjemahkan bahasa asing ke Bahasa Indonesia, aplikasi Yandex Translate juga mampu menerjemahkan 94 bahasa.

Kelebihan layanan translaten Indonesia-Inggris Yandex Translate adalah mampu menerjemahkan hingga 10.000 kata. Yandex Translate juga dibekali dengan fitur menarik, seperti voice input, on screen keyboard dan auto spelling untuk memperbaiki tulisan yang typo.

Seperti Google Translate, layanan translate Indonesia-inggris Yandex juga bisa menerjemahkan bahasa asing lewat sebuah gambar.

3. iTranslate

Pilihan lain layanan translate Indonesia-Inggris selain Google Translate adalah aplikasi iTranslate. Layanan translate indonesia Inggris iTranslate juga menerjemahkan 100 bahasa lainnya.

Layanan translate Indonesia-Inggris iTranslate tersedia dalam bentuk aplikasi maupun browser. Dengan aplikasi iTranslate, pengguna bisa translaten Indonesia-Inggris secara offline.

Selain teks, iTranslate juga menyediakan layanan translaten Indonesia-Inggris dan bahasa lain menggunakan suara.

4. Sederet

Developer lokal asal Indonesia juga membuat aplikasi layanan translate Indonesia-Inggris yang bersaing dengan Google Translate. Aplikasi layanan translate Indonesia-Inggris pesaing Google Translate tersebut adalah Sederet.

Keunggulan layanan translate Indonesi-Inggris di aplikasi Sederet adalah memiliki fasilitas tambahan. Sederet memiliki blog khusus yang berisi mengenai edukasi Bahasa Inggris mulai dari grammar, tips belajar, hingga tata cara dalam mengikuti TOEFL.

5. Oxford Dictionaries

Aplikasi layanan translate Indonesia-Inggris pesaing Google Translate yang terkenal lainnya adalah Oxford Dictionaries. Aplikasi translate Indonesia-Inggris ini adalah bentuk digital dari kamus Oxford yang zaman dahulu banyak dipakai pelajar dan mahasiswa.

Banyak pengguna yang suka menggunakan layanan translate Indonesia-Inggri Oxford Dictionaries karena tampilannya sederhana. Selain menerjemahkan, Oxford juga akan memberikan deskripsi yang jelas mengenai kata yang dicari. Selain sebagai translator, layanan ini juga memiliki fitur-fitur tambahan seperti tips penulisan dan peribahasa.

6. Bab.la Translator

Aplikasi layanan translate Indonesia-Inggris selain Google Translate lainnya adalah Bab.la. Layanan translate Indonesia-Inggris ini berbentuk browser untuk menerjemahkan kata per kata hingga kalimat.

7. DeepL Translator

Layanan translate Indonesia-Inggris selain Google Translate yang bisa dicoba adalah DeepL Translator. Berbeda dengan layanan translate pada umumnya, DeepL Translator mampu menerjemahkan dokumen bahasa asing dalam bentuk file dengan format .doc atau .ppt.

8. Translate.com

Layanan translate Indonesia-Inggris juga bisa menggunakan Translate.com. Website ini menyediakan pilihan translate berupa teks, suara dan gambar.

Dengan demikian, layanan translate Indonesia-Inggris ini bisa menerjemahkan bahasa asing yang ada pada dokumen berbentuk naskah.

9. Microsoft Translator

Layanan translate Indonesia-Inggris lainnya adalah Microsoft Translator. Microsoft Translator bisa menerjemahkan teks bergambar, tangkapan layar, hingga suara dan teks tertulis dengan lebih dari 60 bahasa.

Layanan translate Indonesia-Inggris di Microsoft Translator tersedia dalam dua pilihan, gratis dan berbahaya. Pengguna layanan translaten Indonesia-Inggris ini juga bisa Anda download hasil terjemahan sehingga bisa dibaca secara offline.

10. SayHi Translate

Layanan translate Indonesia-Inggris yang lainnya adalah SayHi Translate. SayHi Translate mampu mengakses terjemahan saat koneksimu sedang dalam mode offline. Jadi kamu bisa membawanya ke mana-mana bahkan di tempat yang susah menjangkau internet sekali pun.

11. Babylon Translator

Aplikasi translate Indonesia-Inggris lainnya adalah Babylon Translator. Babylon Translator menyediakan lebih dari 77 bahasa dan mendukung beberapa sistem operasi, seperti Mac dan Windows.

Itulah cara terjemahkan percakapan Indonesia-Inggris dan sebaliknya dengan Google Translate serta aplikasi alternatif selain Google Translate. Selamat mencoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru