Catat 5 Komponen Mobil yang Perlu Diservis Setelah Perjalanan Jauh Mudik

Senin, 15 April 2024 | 11:01 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Catat 5 Komponen Mobil yang Perlu Diservis Setelah Perjalanan Jauh Mudik

ILUSTRASI. Komponen Mobil yang Perlu Diservis Setelah Perjalanan Jauh Mudik. KONTAN/Baihaki/18/03/2021


MUDIK LEBARAN - JAKARTA. Simak daftar komponen mobil yang perlu dicek setelah perjalanan jauh. Setelah menikmati momen bersama keluarga dan kerabat selama perjalanan mudik Lebaran, saatnya kembali memperhatikan kesehatan kendaraan.

Perjalanan jauh seperti mudik Lebaran seringkali menguji kinerja mobil kita dalam berbagai kondisi jalan dan cuaca.

Ada beberapa faktor seperti jarak tempuh yang panjang, beban kendaraan yang lebih berat dari biasanya, serta kondisi jalanan yang mungkin tidak selalu optimal, dapat memengaruhi berbagai komponen kendaraan.

Oleh karena itu, melakukan pemeriksaan menyeluruh setelah perjalanan jauh sangat penting untuk memastikan kendaraan tetap dalam kondisi prima dan aman untuk digunakan dalam perjalanan berikutnya.

Baca Juga: 8 Aktivitas Menyenangkan saat Terjebak Kemacetan Mudik Lebaran

Komponen mobil apa yang perlu dicek?

Karyawan memeriksa kondisi mobil bekas di showroom BirdMobil

Nah, untuk itu ada beberapa rekomendasi komponen mobil yang perlu dicek setelah perjalanan jauh, dilansir dari laman Tiresplus.

1. Cek Tekanan Ban

Jika Anda tidak memeriksa tekanan ban selama perjalanan jauh, lakukan saat kembali ke rumah. Suhu udara, jarak tempuh, dan kecepatan dapat menyebabkan fluktuasi dalam tekanan ban.

Ban yang kurang terisi dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar mobil, menyebabkan pemisahan tapak ban, dan bahkan meningkatkan risiko terjadinya pecah ban.

Di sisi lain, ban yang terlalu terisi dapat mengakibatkan pemakaian tapak ban yang tidak merata, mengompromikan fitur keselamatan mobil Anda ABS, dan juga meningkatkan risiko pecah ban.

Periksa  tekanan ban sesuai rekomendasi produsen kendaraan adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan integritas ban Anda dan keselamatan perjalanan Anda.

2. Cek Ketebalan Ban

Sementara Anda memastikan tekanan ban Anda sesuai dengan rekomendasi produsen, periksa juga kedalaman tapak ban Secara umum, tapak ban Anda harus memiliki kedalaman yang normal.

Selain itu, Anda akan ingin tapak yang lebih dalam untuk memaksimalkan traksi di tanah landai dan licin.

3. Cek Cairan Kendaraan

Mobil Anda telah melakukan pekerjaan berat setelah menempuh ratusan kilometer. Penggunaan tambahan fitur mobil Anda selama perjalanan jarak jauh dapat menguras cairan pentingnya, seperti pendingin, oli mesin, dan cairan pembersih kaca depan.

Anda perlu memeriksa tingkat cairan dan menjadi bagian pemeriksaan gratis yang didapatkan setiap kali mengganti oli.

Baca Juga: 5 Komponen Mobil yang Berpotensi Bermasalah Saat Cuaca Panas dan Tips Pencegahannya

4. Ganti Oli Mobil

Oli mesin adalah salah satu cairan paling penting dalam mobil. Ini melumasi dan membersihkan bagian-bagian yang bergerak di mesin Anda, membantu agar mereka lebih tahan lama dan berkinerja optimal.

Penggunaan dengan jarak tambahan dari perjalanan jauh Anda dapat mempersingkat waktu antara interval pergantian oli biasa.

Namun, jangan menunda atau melewatkan pergantian oli dapat menyebabkan mesin overheat, membuatnya kurang efisien, merusak bagian-bagian yang bergeraknya, dan akhirnya menyebabkan kegagalan mesin yang total.

5. Cek sistem Rem

Kondisi rem buruk adalah faktor penyebab kecelakaan yang terkait dengan bagian penting kendaraan.

Kemudi jarak jauh, bersama dengan korosi, pecahan jalan, dan penuaan, semua dapat menyebabkan keausan pada komponen sistem pengereman, menempatkan, penumpang, dan pengemudi lainnya dalam risiko.

Rem yang aman perlu mendapatkan pemeriksaan setiap kali mengganti oli, serta sebelum dan sesudah perjalanan jauh.

Itulah beberapa rekomendasi yang perlu Anda perhatikan dari sisi perawatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru