Catat! Inilah 9 Manfaat Buah Pala untuk Kesehatan yang Jarang Perlu Anda Ketahui

Sabtu, 06 Mei 2023 | 20:15 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Catat! Inilah 9 Manfaat Buah Pala untuk Kesehatan yang Jarang Perlu Anda Ketahui


KESEHATAN - Manfaat buah pala untuk kesehatan menjadikannya bukan hanya primadona di Kepulauan Banda. Buah pala pernah menjadi tanaman buruan yang menciptakan sejarah dan menjadi salah satu penyebab datangnya penjajah ke nusantara. 

Buah pala biasanya hanya dimanfaatkan di bagian bijinya saja sebagai rempah-rempah. Padahal ada sejumlah manfaat daging buah pala untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit di tubuh. 

Baca Juga: Cara Minum Ramuan Penurun Kolesterol, Apa Saja Ciri-Ciri Kolesterol Usia Muda?

Kandungan buah pala antara lain adalah karbohidrat, protein, minyak atsiri, kalsium, sodium, mangan, magnesium, fosfor, zink, tembaga, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, vitamin E, sampai asam oleanolat yang penting bagi tubuh. 

Hal ini membuat manfaat buah pala digunakan untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan. Di antaranya adalah masuk angin, diare, mual, hingga gagal ginjal. 

Lalu, apa saja manfaat buah pala untuk kesehatan? 

Baca Juga: Cara Memperkecil Perut Buncit Secara Alami, Cek Juga Minuman Pengecil Lemak Perut

Kandungan nutrisi buah pala

Manfaat buah pala untuk kesehatan juga bisa melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

Dirangkum dari laman Gramedia dan Kemdikbud, berikut adalah sejumlah kandungan nutrisi buah pala:

  • Energi sebanyak 42 kkal.
  • Protein sebanyak 0,3 gram.
  • Lemak sebanyak 0,2 gram.
  • Karbohidrat sebanyak 10,9 gram.
  • Minyak atsiri, zat pagi, zat samak, saponin, myristicin, scopoletin, enzim lipase, elemis, pektin limonene, asam oleanolat, dan zat besi sebanyak 2 miligram.
  • Kalsium sebanyak 32 miligram.
  • Vitamin A sebanyak 29 IU.
  • Vitamin B1 sebanyak 1 miligram, dan
  • Vitamin C sebanyak 22 miligram.

Baca Juga: 2 Resep Rendang Sapi Khas Lebaran, Dijamin Empuk dan Anti Gagal

Manfaat buah pala untuk kesehatan

Manfaat buah pala untuk kesehatan yang pertama adalah bisa sebagai detoks racun pada tubuh.

Sementara itu, berikut adalah beberapa manfaat buah pala untuk kesehatan: 

1. Sebagai detoks racun 

Manfaat buah pala untuk kesehatan yang pertama adalah bisa sebagai detoks racun pada tubuh. Detoks adalah proses pengeluaran racun atau toksin yang terdapat dalam tubuh seseorang.

Baca Juga: ​6 Menu Khas Lebaran dari Beberapa Negara di Dunia

Racun yang terdapat di dalam itu dapat berupa obat-obatan, alkohol, makanan, hingga polusi. Racun-racun tersebut biasanya tersimpan dan mengendap di berbagai organ tubuh manusia, seperti hati, ginjal, dan usus. 

Salah satu cara detoksifikasi racun adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung tonik atau zat yang memiliki kemampuan untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh. 

Baca Juga: Cara Membuat Ramuan Penurun Kolesterol Menurut Ahlinya, Cek Ciri-Ciri Kolesterol

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat buah pala untuk kesehatan selanjutnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Buah pala memiliki kandungan vitamin C yang tinggi di dalam daging buahnya. 

Vitamin C inilah yang dapat membantu untuk meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan dalam tubuh seseorang. Selain itu, vitamin C dalam buah pala ini juga mampu meredakan dan menghilangkan influenza. 

Baca Juga: Cara Memperkecil Perut Buncit Secara Alami, Cek Juga Minuman Pengecil Lemak Perut

Hal ini dapat terjadi karena buah pala memiliki kandungan asam oleanolat yang memiliki sifat sebagai antivirus dan tidak beracun. 

Asam oleanolat sendiri adalah suatu senyawa yang biasanya ada di dalam makanan atau minuman yang mampu meredakan penyakit influenza.

Baca Juga: 6 Menu Inspirasi Mengolah Daging Sapi Menjadi Aneka Masakan Lebaran

3. Menjaga tekanan darah 

Kemudian, manfaat buah pala untuk kesehatan yakni menjaga tekanan darah. Para ahli mengungkapkan jika buah pala mampu menjaga tekanan darah berkat kandungan antioksidan dan mineral yang cukup tinggi.

Kandungan mineral yang terdapat dalam buah pala ini terbukti efektif untuk menjaga fungsi organ dan mengatur tekanan darah. 

Selain itu, kandungan kalium yang tinggi juga mampu membantu meregangkan pembuluh darah, sehingga dapat mengurangi tekanan darah pada diri seseorang.

Baca Juga: Ekspor Produk Kopi, Kertas, dan Lemak Kakao Indonesia Meningkat ke Mesir

4. Melancarkan peredaran darah dalam tubuh

Manfaat buah pala untuk kesehatan juga bisa melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Hal ini lantaran buah pala mengandung kalium yang dapat meregangkan pembuluh darah. 

Sehingga, manfaat buah pala untuk kesehatan bisa digunakan untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Bukan hanya dapat melancarkan peredaran darah, pembuluh darah yang renggang juga bisa dengan mudah mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. 

Sehingga, metabolisme tubuh pun dapat berjalan dengan normal.

Baca Juga: Selain Kunyit, Ini Bahan Alami yang Efektif Meredakan Asam Lambung Tinggi

5. Mengatasi insomnia 

Kemudian, manfaat buah pala untuk kesehatan adalah membantu mengatasi insomnia.

Buah pala mengandung magnesium, senyawa yang dapat mengurangi ketegangan pada sel saraf dan merangsang pelepasan hormon serotonin, yakni hormon yang mampu menciptakan rasa rileks.

Setelah hormon serotonin ini dilepaskan oleh tubuh, maka hormon ini pun dapat berubah menjadi melatonin di dalam otak. Hal inilah yang kemudian dapat menjadi pendorong seseorang untuk tidur. 

Baca Juga: Kuku Bisa Digunakan untuk Melihat Kemunculan Gejala Kolesterol Tinggi

6. Menyembuhkan masuk angin

Manfaat buah pala untuk kesehatan berikutnya adalah menyembuhkan masuk angin. Sebab, sama seperti jahe, buah pala juga dapat menghangatkan badan melalui air rebusannya. 

Selain itu, pala juga mampu meredakan perut kembung karena masuk angin. Hal ini terjadi karena kandungan minyak atsiri dalam buah pala sama dengan yang terkandung dalam jahe.

Tak hanya itu, buah pala juga mempunyai sifat antiemetik yang sangat bermanfaat guna menghilangkan perasaan mual hingga muntah. Maka buah pala ini cocok dikonsumsi untuk kamu yang mudah mabuk saat berkendara atau melakukan perjalanan.

Baca Juga: Selain Kunyit, Ini Bahan Alami yang Efektif Meredakan Asam Lambung Tinggi

7. Mengatasi nyeri sendi 

Manfaat buah pala untuk kesehatan berikutnya adalah membantu mengatasi nyeri sendi. Buah pala ini memiliki kandungan berupa senyawa safrol, eugenol, dan juga miristisin. 

Kombinasi ketiga kandungan inilah yang membuat buah pala memiliki sifat antiinflamasi. Sifat antiinflamasi inilah yang dapat mengatasi nyeri sendi dan juga nyeri otot.

Baca Juga: Minuman Tinggi Protein Ini Efektif Menurunkan Berat Badan

Selain itu, buah pala juga memiliki kandungan senyawa yang mirip dengan senyawa mentol. Senyawa ini juga yang dapat membantu untuk menghilangkan rasa sakit secara alami. 

Oleh sebab itu, dengan menambahkan buah pala ini sebagai bumbu masakan, maka kita dapat mengurangi rasa sakit yang berkaitan dengan luka. 

Baca Juga: 6 Bumbu Dapur yang Bikin Asam Urat Tinggi Kabur

8. Membantu memelihara kesehatan kulit

Manfaat buah pala juga bisa memelihara kesehatan kulit. Buah pala dapat memelihara kesehatan dan kecantikan kulit karena mengandung antimikroba dan anti peradangan. 

Sehingga, buah pala mampu mengatasi jerawat, komedo, hingga pori-pori tersumbat pada kulit wajah. Buah pala dapat mengurangi peradangan dan iritasi yang terjadi pada kulit.

Baca Juga: Waspadai Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi dari Warna Kuku

Selain itu, pala juga dapat meningkatkan kelembapan kulit dan menghilangkan bekas cacar, bisul, atau jerawat.

Zat scopoletin yang terdapat di dalam buah ini pun mampu untuk menghentikan peradangan pada kulit, sehingga kulit tetap halus dan lembut. 

Baca Juga: Resep Pepes Ikan Mas Duri Lunak untuk Menu Piknik Bareng Keluarga

9. Meredakan penyakit asam lambung

Terakhir, manfaat buah pala juga bisa membantu meredakan penyakit asam lambung. Hal tersebut karena buah pala memiliki kandungan zat saponin untuk meredakan dan menurunkan kadar asam lambung di dalam tubuh. 

Demikian sejumlah manfaat buah pala untuk kesehatan yang sebaiknya tidak dilewatkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru