Coba 5 cara memanjangkan rambut dengan cepat ini, yuk

Selasa, 31 Agustus 2021 | 09:47 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Coba 5 cara memanjangkan rambut dengan cepat ini, yuk

ILUSTRASI. Cara memanjangkan rambut dengan cepat bisa pakai bahan alami./Pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/13/06/2011.


KECANTIKAN - JAKARTA. Memiliki rambut panjang bisa jadi salah satu cara menunjang penampilan. Anda tak perlu khawatir karena ada banyak cara memanjangkan rambut dengan cepat. Supaya hasilnya bisa maksimal, usahakan untuk melakukannya secara teratur.

Mengutip dari Healthline (healthline.com), pertumbuhan rambut dimulai dari dasar folikel di bawah kulit. Darah yang membawa oksigen dan nutrisilah yang nantinya mendorong pertumbuhan rambut. Nah, ada beberapa langkah yang bisa Anda coba untuk menstimulasi pertumbuhan itu.

Meski faktor genetik memegang peranan penting untuk pertumbuhan rambut, bukan berarti tak ada cara lain yang bisa Anda lakukan. Mengatur makanan dan minuman yang Anda konsumsi, memanfaatkan bahan alami tertentu, dan cara-cara lain masih layak untuk Anda coba.

Perhatikan Konsumsi Protein

Cara memanjangkan rambut dengan cepat yang pertama adalah dengan memerhatikan asupan protein sehari-hari. Umumnya, tiap orang membutuhkan asupan 50 g protein per hari. Jika jumlah minimal itu tak terpenuhi, rambut justru mudah rontok dan patah.

Baca Juga: Cari cara menebalkan rambut? Pakai 5 bahan alami ini

Manfaatkan Essential Oil

Tahukah Anda bahwa essential oil bisa dimanfaatkan untuk memanjangkan rambut? Menurut sebuah penelitian, rutin menggunakan peppermint oil efektif memanjangka rambut. Tak berhenti sampai di situ, jumlah dan kedalam folikel rambut pun bertambah.

Hindari Diet Berlebih

Diet memang baik untuk kesehatan karena bisa menurunkan berat badan. Sayangnya, diet yang berlebihan atau ekstrem justru bisa membuat tubuh Anda kekurangan nutrisi. Padahal, salah satu kunci penting supaya rambut tumbuh cepat dan sehat adalah asupan nutrisi sehari-hari.

Konsumsi Kafein

Mengonsumsi kafein bisa jadi salah satu cara memanjangkan rambut dengan cepat.

Cara memanjangkan rambut dengan cepat yang tak boleh Anda lewatkan adalah dengan mengonsumsi kafein. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kafein mampu memanjangkan rambut secara optimal, baik untuk wanita atau pria.

Ada banyak sumber kafein yang bisa Anda jadikan pilihan. Mulai dari kopi, teh, atau cokelat. Meski memiliki manfaat, usahakan untuk tidak mengonsumsi kafein dalam jumlah yang berlebihan, ya. Dikhawatirkan muncul efek samping yang bisa Anda alami.

Baca Juga: Ingin panjangkan rambut dengan cepat? Coba gunakan bahan alami ini

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Healthline menyebutkan bahwa beberapa vitamin dan mineral memegang peranan penting dalam pertumbuhan rambut. Mulai dari vitamin C, zinc, asam lemak omega-3, dan lain sebagainya. Anda bisa mendapat nutrisi-nutrisi itu dari berbagai jenis bahan alami.

Namun, jika memang dibutuhkan, Anda bisa menambah asupan nutrisi dengan mengonsumsi suplemen. Supaya hasilnya lebih maksimal, tak ada salahnya untuk membicarakannya dulu ke dokter. Dengan begitu, kesehatan rambut dan tubuh secara keseluruhan dapat terjaga.

Selanjutnya: Cari masker rambut alami? Coba pakai 8 bahan ini, yuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru