Cocok Jadi Obat Jerawat, Cek 5 Manfaat Masker Madu Ini

Jumat, 21 Januari 2022 | 10:44 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cocok Jadi Obat Jerawat, Cek 5 Manfaat Masker Madu Ini

ILUSTRASI. Anda bisa membuat masker madu dengan mencampurnya bersama bahan alami yang lain.


KESEHATAN - JAKARTA. Masker madu bisa Anda gunakan secara teratur untuk menjaga kesehatan kulit. Berbagai macam nutrisi yang ada di madu bisa membersihkan sel kulit mati, mencerahkan kulit, dan lain sebagainya. Supaya hasilnya maksimal, cobalah untuk mencampur madu dengan bahan alami yang lain.

Antioksidan yang terkandung dalam madu bisa melawan berbagai macam tanda penuaan yang muncul di kulit. Misalnya, garis halus, noda hitam, dan lain-lain. Tidak berhenti sampai di situ, madu juga dipenuhi dengan antibakteri yang dapat mengobati jerawat dan mencegah penyumbatan pada pori-pori.

Cobalah untuk memakai madu secara rutin. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Namun, jika muncul iritasi pada kulit setelah menggunakan bahan alami tersebut, segera hentikan pemakaian, ya.

Mencerahkan Kulit

Masker madu juga bisa membuat kulit Anda menjadi lebih cerah, lo. Pertama, campur 1 sdt bubuk kayu manis dengan 2 sdt madu. Aplikasikan pada wajah selama 10 menit kemudian bilas menggunakan air hangat.

Baca Juga: 5 Cara Membersihkan Komedo yang Mudah untuk Dilakukan

Membersihkan Sel Kulit Mati

Mengutip dari Health Shots (healthshots.com), kombinasi madu dan oatmeal cocok digunakan untuk membersihkan sel kulit mati. Dengan begitu, kotoran yang menyumbat pori-pori bisa hilang sehingga masalah kulit pun berkurang.

Cara yang harus Anda lakukan sangat mudah. Pertama, campur 1 sdm bubuk oatmeal dengan madu hingga berbentuk pasta. Selanjutnya, aplikasikan pada kulit wajah selama 15 menit. Setelah itu, bersihkan masker madu menggunakan handuk basah.

Pelembab Kulit

Jika Anda memiliki tipe kulit kering, cobalah untuk mulai rutin memakai madu. Setelah mencuci muka, oleskan madu pada wajah selama 30 menit. Setelah itu, bersihkan memakai air. Seiring berjalannya waktu, madu membantu kulit Anda menjadi lebih lembab.

Baca Juga: Cocok Jadi Masker Komedo, Jangan Ragu Pakai 8 Bahan Ini

Obat Jerawat

Salah satu manfaat masker madu adalah mengobati jerawat.

Health Shots mengatakan bahwa madu bisa dimanfaatkan sebagai obat jerawat. Anda perlu mencampur 1 sdt madu dengan 1 sdt air lemon dan 1 sdt baking soda untuk mendapat manfaat itu. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada wajah selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Cocok untuk Kulit Sensitif

Jika Anda memiliki tipe kulit sensitif, cobalah untuk mengatasinya dengan masker yang terbuat dari madu, minyak almond, dan teh hijau. Bahan-bahan alami tersebut dipenuhi dengan antioksidan dan antiinflamasi yang efektif melawan radikal bebas penyebab masalah kulit.

Caranya, campur 1 sdt madu, 1 sdt minyak almond, dan 1 sdt teh hijau. Setelah teraduk rata, gunakan pada kulit wajah lalu diamkan dulu selama 15 menit. Selanjutnya, bilas dengan air hangat. Cobalah untuk melakukan cara tersebut secara rutin untuk mendapat hasil yang maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru