Cuaca sedang dingin, bagaimana cara merawat kulit kering?

Selasa, 20 Juli 2021 | 14:40 WIB   Reporter: Christ Penthatesia
Cuaca sedang dingin, bagaimana cara merawat kulit kering?

KONTAN.CO.ID - Baru baru ini fenomena Aphelion terjadi di wilayah Indonesia. Fenomena Aphelion ini dijelaskan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG sebagai fenomena alam yang terjadi satu tahun sekali pada kisaran bulan Juli.

Pada cuaca ini letak Bumi berada paling jauh dari matahari sehingga menyebabkan intensitas paparan sinar matahari menjadi berkurang. 

Dalam keadaan ini, pastinya akan banyak masalah yang ditimbulkan terutama masalah kulit. Menjaga kelembapan kulit terutama bagi Anda yang memiliki kondisi kulit kering pada cuaca dingin merupakan hal yang sangat tricky untuk dilakukan. 

Jika terlalu banyak menggunakan skin care akan membuat kulit terasa greasy sedangkan jika kurang maka kelembapan kulit bisa jadi tidak akan terpenuhi.

Baca Juga: 4 Gejala penyakit liver ini perlu Anda perhatikan, apa saja?

Nah, berikut ini ada beberapa cara yang dapat dicoba untuk dilakukan agar kelembapan kulit tetap terjaga saat kondisi cuaca dingin.

Gunakan produk skincare seminimal mungkin

Fokuslah pada penggunaan skincare yang memiliki fungsi untuk melembabkan dan menghidrasi kulit Anda. Gunakan obat cuci muka yang lembut dan tidak membuat kulit Anda makin kering setelah cuci muka. Penggunaan toner, serum, dan pelembab yang memiliki kandungan seperti hyaluronic acid, ceramide, dan peptide dapat digunakan tepat setelah Anda mencuci muka Anda.

Jangan lupa untuk selalu mengaplikasikan sunscreen setiap hari untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari. 

Baca Juga: Pakai 6 bahan ini sebagai cara mengecilkan pori-pori

Humidifier

Kulit kering dipengaruhi oleh beberapa hal seperti kelembapan udara, kebiasaan mandi, lingkungan, dan genetik. Humidifier atau yang dikenal dengan alat pelembab udara dapat digunakan untuk menciptakan dan menjaga kelembapan udara dalam ruangan.
Karena fungsinya sebagai pelembab udara maka humidifier dapat Anda gunakan untuk menciptakan kondisi lingkungan yang lembab.

Gunakan lip balm

Pada cuaca dingin, bibir memiliki kemungkinan resiko untuk menjadi mudah pecah-pecah. American Academy of Dermatology Association menyarankan untuk menggunakan lip balm yang nyaman bagi bibir Anda.

Jika terasa nyeri kecil saat Anda mengaplikasikan lip balm pada bibir Anda maka hentikan penggunaan lip balm terebut. 

Anda dapat memilih lip balm yang memiliki fungsi untuk melembabkan bibir Anda dengan kandungan seperti coconut oil, jojoba oil, petrolatum, dan shea butter. Hindari penggunaan lip balm yang mengandung parfum agar kulit Anda tidak mudah menjadi kering. 

Selanjutnya: 4 Rekomendasi Eye Cream Berbahan Retinol untuk Wajah Awet Muda

 

 

 

Editor: Christ Penthatesia
Terbaru