​Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Arab dan Latin Berikut Artinya

Jumat, 31 Desember 2021 | 13:08 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
​Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Arab dan Latin Berikut Artinya


TAHUN BARU - Membaca doa akhir tahun dan awal tahun menjadi salah satu hal yang bisa Anda lakukan saat momen pergantian Tahun Baru 2022. 

Momen pergantian tahun biasanya menjadi momen merefleksikan diri mengenai hal-hal yang sudah dilakukan dan harapan di Tahun Baru 2022. 

Pada tahun baru masehi, kita terbiasa mengisi awal tahun dengan doa dan harapan. Pada tahun baru Hijriyah, kita juga bisa mengisinya dengan hal yang sama. 

Biasanya, harapan dan cita-cita akan tercatat di awal tahun baru masehi, cita-cita luhur terutama yang ruhaniah sebaiknya juga dicatat di awal tahun baru Hijriyah. 

Sehingga, kita akan menghadapi setahun mendatang dengan penuh semangat memperbaiki diri. 

Baca Juga: Warna Eksterior Rumah yang Diprediksi Menjadi Tren 2022, Apa Saja?

Doa akhir tahun dan artinya dalam bahasa Arab dan Latin

Dikutip dari laman NU Online, doa akhir tahun dianjurkan Rasulullah SAW untuk dibaca di akhir tahun. Doa akhir tahun ini dimasukkan Habib Utsman bin Yahya dalam karyanya Maslakul Akhyar sebagai berikut: 

اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ 

Berikut bacaan doa akhir tahun dalam tulisan Latin: 

Allâhumma mâ 'amiltu min 'amalin fî hâdzihis sanati mâ nahaitanî 'anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ 'alayya bi fadhlika ba'da qudratika 'alâ 'uqûbatî, wa da'autanî ilat taubati min ba'di jarâ'atî 'alâ ma'shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ 'amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa'attanî 'alaihits tsawâba, fa'as'aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha' rajâ'î minka yâ karîm."

Berikut arti dari doa akhir tahun di atas:

Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berrarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah pupuskan harapanku. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.

Itulah doa akhir tahun dan artinya yang bisa diucapkan oleh umat Islam dalam menyambut Tahun Baru 2022. 

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Steak Lada Hitam ala Restoran, Pas buat Malam Tahun Baru 2022

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru