Gagal masuk mal karena aplikasi PeduliLindungi tak berfungsi, coba 4 tips ini

Senin, 04 Oktober 2021 | 05:45 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Gagal masuk mal karena aplikasi PeduliLindungi tak berfungsi, coba 4 tips ini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Demi perlindungan diri kita sendiri serta orang-orang di sekitar, pemerintah meminta partisipasi warga untuk mengunduh dan memanfaatkan aplikasi PeduliLindungi.id.  

Mengutip covid19.go.id, aplikasi PeduliLindungi dapat membantu setiap warga melakukan surveilans kesehatan berupa penelusuran (tracing), pelacakan (tracking) dan pengurungan (fencing) terhadap anggota masyarakat yang diduga mengidap Covid-19. 

Pemanfaatan aplikasi PeduliLindungi juga penting dalam penerapan perpanjangan PPKM, di mana pemerintah melaksanakan beberapa uji coba penyesuaian aktivitas masyarakat. Salah satunya, sebagai fungsi skrining untuk memasuki suatu tempat atau area seperti mal, stasiun, supermarket, dan lain sebagainya.

Terkadang, seseorang gagal masuk ke mal karena aplikasi PeduliLindungi di perangkatnya eror.

Lantas, bagaimana jika aplikasi PeduliLindungi eror alias tak berfungsi dengan baik?

Melansir indonesiabaik.id, ada sejumlah keluhan yang datang terkait aplikasi PeduliLindungi. Misalnya saja, error yang menyebabkan gagal log in hingga gagal scan QR Code. Gagalnya muncul dalam aplikasi Peduli Lindungi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. 

Baca Juga: Sudah vaksin di luar negeri, begini cara agar tercatat di Pedulilindungi

Jika aplikasi PeduliLindungi eror, ini 4 cara untuk mengatasinya:

1. Mulai ulang

Jika aplikasi PeduliLindungi tak berfungsi, coba untuk memuat ulang aplikasi. Bisa jadi setiap ponsel memiliki setelan berbeda-beda.

2. Pembaruan

Pembaruan sistem operasi perangkat dan aplikasi berguna untuk menyesuaikan spesifikasi sistem dengan aplikasi PeduliLindungi. Pastikan sistem operasi perangkat dan aplikasi dengan versi terbaru.

Baca Juga: Aturan terbaru! Aktivitas di Jawa-Bali yang wajib pakai aplikasi PeduliLindungi

3. Memori

Berikan kapasitas ruang memori yang cukup. Hal ini dikarenakan terlalu banyaknya memuat aplikasi atau file di ponsel bisa jadi penyebab aplikasi PeduliLindungi eror. Tak hanya itu, menumpuknya cache bisa jadi menghambat proses pemindaian QR Code aplikasi PeduliLindungi. Sebab, cache atau file sampah harus dibersihkan bisa membuat ruang penuh.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru