Gusi Bengkak? Coba 5 Obat Alami Ini

Sabtu, 25 Februari 2023 | 13:20 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Gusi Bengkak? Coba 5 Obat Alami Ini


KESEHATAN - Jakarta. Obat sakit gigi bisa didapatkan di apotek. Selain dengan obat apotek, ada berbaga cara mengatasi sakit gigi secara alami.

Obat gusi alami bisa dikonsumsi sebagai alternatif saat gusi terasa nyeri. Meski demikian, saat rasa nyerinya tidak tertahankan sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Gusi bengkak yang disertai nyeri adalah gangguan kesehatan mulut yang tidak boleh disepelekan. Kondisi tersebut berpotensi menjadi gejala penyakit yang lebih serius sehingga harus mendapatkan penanganan intensif. 

Ketika nyeri pada gusi datang, Anda bisa bisa mencoba menggunakan obat alami gusi bengkak.

Baca Juga: Ciri-ciri Asam Urat dan Kolesterol Tinggi yang Sebaiknya Diwaspadai

Namun, jika tak kunjung sembuh setelah mencoba mengobati gusi bengkak secara alami, Anda sebaiknya menemui dokter. 

Cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri secara alami pun cukup mudah. Sebab, beberapa bahan obat gusi bengkak alami bisa didapatkan dengan mudah.

Lantas, apa saja obat gusi bengkak disertai nyeri secara alami? 

Baca Juga: ​9 Obat Asam Urat Alami Paling Ampuh yang Bisa Dicoba

Obat gusi bengkak alami

Berikut ini beberapa obat gusi bengkak alami sebagaimana dilansir dari Healthline:

1. Kumur dengan air asin

Obat gusi bengkak alami pertama yaitu berkumur menggunakan air garam atau air asin.

Obat gusi bengkak alami pertama yaitu berkumur menggunakan air garam atau air asin. Cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri secara alami ini yakni hangatkan satu gelas air di atas kompor. 

Tapi jangan sampai mendidih, cukup hangatkan saja. Setelah itu tuangkan ke dalam gelas dingin. Kemudian, tambahkan satu sendok teh garam ke dalam air hangat dan aduk rata. 

Baca Juga: 6 Obat Herbal yang Pas Dijadikan Pilihan untuk Bikin Asam Urat Kabur

Lalu, kumur dengan menggunakan air garam tadi. Ludahkan setelah selesai, jangan ditelan. Lakukan hal tersebut setidaknya dua kali sehari sampai bengkaknya mengempes. 

Garam akan membantu mencegah pertumbuhan bakteri di mulut dan gusi yang mungkin menyebabkan pembengkakan. Sehingga, obat alami gusi bengkak dengan garam bisa dikatakan sangat efektif. 

Baca Juga: Menurunkan Kplesterol dan Trigliserida, Ini Manfaat Wedang Sereh Gula Merah

2. Kompres

Obat gusi bengkak alami kedua yang bisa Anda coba adalah metode kompres.

Obat gusi bengkak alami kedua yang bisa Anda coba adalah metode kompres. Coba kompres menggunakan air panas atau dingin untuk membantu mengurangi rasa sakit.

Untuk kompres panas, Anda bisa panaskan air hingga suhu yang dapat ditoleransi, tidak perlu sampai mendidih. Rendam kain bersih dalam air panas, lalu peras. 

Baca Juga: 11 Manfaat Durian untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya yang Jarang Diketahui

Tekan perlahan kain hangat dan lembap ke area pipi di dekat area yang sakit gusi terjadi. Jangan langsung kompres ke gusi. 

Sementara itu, untuk mengobati gusi bengkak secara alami dengan kompres dingin, yaitu bungkus es dengan kain bersih dan tempelkan dengan cara yang sama seperti di atas.

Gunakan salah satu metode di atas sampai rasa sakit mereda. Bisa juga secara bergantian kompres panas dan dingin sampai pembengkakan dan peradangan mereda. Penggunaan kompres sebagai obat gusi bengkak alami juga sudah digunakan sejak dulu.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Ini 5 Cara Ampuh Mengatasi Diare pada Anak Secara Alami

3. Herbal

Ramuan bubuk antiradang seperti kunyit juga merupakan obat alami gusi bengkak.

Anda bisa menggunakan obat gusi bengkak alami dari tanaman-tanaman herbal. Jamu dan rempah-rempah tertentu dapat diubah menjadi pengobatan rumahan untuk radang dan nyeri gusi.

Misalnya, bubuk cengkeh dan Spilanthes (jotang) merupakan ramuan analgesik (pereda nyeri). Keduanya telah digunakan sebagai pereda nyeri oral alternatif untuk waktu yang lama. 

Baca Juga: Ini Penyebab Bayi Kuning, Ciri-Ciri, dan Cara Mengatasi Bayi Kuning

Ramuan bubuk antiradang seperti kunyit juga merupakan obat alami gusi bengkak. Caranya, campurkan ramuan bubuk yang Anda pilih dengan sedikit air hangat sampai menjadi pasta.

Oleskan pasta langsung ke gusi sampai rasa sakit mereda. Lalu, berkumurlah dengan air untuk membersihkan sisa pasta tersebut. Lakukan sesering yang diperlukan.

Baca Juga: Inilah 5 Cara Efektif untuk Mengatasi Masalah Gigi Sensitif

4. Obat semprot buatan sendiri

Cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri secara alami berikutnya yakni dengan membuat sendiri obat semprot di rumah menggunakan minyak esensial.

Cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri secara alami berikutnya yakni dengan membuat sendiri obat semprot di rumah menggunakan minyak esensial. 

Minyak seperti peppermint, oregano, dan cengkeh memiliki khasiat pereda nyeri, pereda peradangan, dan penambah sirkulasi yang alami sehingga sangat baik digunakan untuk obat gusi bengkak alami.

Cara membuat obat semprot adalah encerkan minyak esensial dengan air. Lalu, masukkan ke dalam botol semprot bersih yang berukuran kecil. 

Kocok dan semprotkan pada gusi secara perlahan sesuai kebutuhan. Kumur dengan air setelahnya dan ludahkan. Jangan pernah menelan minyak esensial. 

Baca Juga: Ciri-Ciri Gula Darah Tinggi, Simak Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami

5. Teh celup

Obat gusi bengkak alami kelima adalah teh.

Obat gusi bengkak alami kelima adalah teh celup. Ambil sekantong teh celup segar dan rendam dalam air mendidih selama 5 menit, seperti yang Anda lakukan untuk membuat teh. 

Saat kantong teh sudah cukup dingin untuk disentuh, oleskan langsung ke gusi yang sakit selama minimal 5 menit.

Baca Juga: 10 Manfaat Daun Sirih untuk Tubuh, Bisa Buat Diabetes hingga Nyeri Haid

Pilih teh yang mengandung zat tanin tinggi, seperti teh hitam, teh hijau, atau bahkan teh kembang sepatu. Atau pilihlah teh yang mengandung ramuan anti-peradangan seperti jahe dan kamomil.

Perlu diketahui bahwa teh digunakan sebagai obat gusi bengkak alami. Sebab, teh memiliki sifat anti-peradangan dan menenangkan.

Sementara tanin akan menyerap apapun yang mengiritasi gusi. 

Baca Juga: Mudah dan Murah, Ini 18 Obat Panu Alami

Kapan harus ke dokter?

Dalam kasus tertentu, nyeri gusi bisa menjadi gejala masalah kesehatan mulut yang lebih besar.

Dalam kasus tertentu, nyeri gusi bisa menjadi gejala masalah kesehatan mulut yang lebih besar. Temui dokter atau dokter gigi jika sakit gusi dengan kondisi: 

  • Tak kunjung sembuh dalam waktu lama
  • Mengganggu makan atau tidur
  • Disertai dengan gejala lain

Baca Juga: Dari Turunkan Gula Darah hingga Mencegah Kanker, Ini Beragam Khasiat Bawang Merah

Penyakit nyeri gusi yang patut diwaspadai

Sakit gusi juga bisa menjadi tanda masalah mulut lainnya, seperti seriawan dan infeksi jamur mulut.

Beberapa penyakit nyeri gusi yang patut diwaspadai:

1. Sariawan dan jamur

Sakit gusi juga bisa menjadi tanda masalah mulut lainnya, seperti seriawan dan infeksi jamur mulut. Segera periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami sakit gusi serta lapisan kekuningan di mulut, tenggorokan, atau bagian dalam pipi yang mungkin disebabkan sariawan.

Baca Juga: Rasanya Super Asam! Ini Manfaat Duwet untuk Kesehatan

2. Radang gusi

Radang gusi ditandai dengan gusi yang bengkak dan nyeri serta mudah berdarah.

Segera pergi ke dokter gigi jika Anda mengalami gusi merah, bengkak, berdarah, dan sakit selama lebih dari seminggu.

Baca Juga: 8 Obat Radang Tenggorokan Alami yang Mudah Dibuat Sendiri

3. Penyakit periodontal atau periodontitis

Kondisi ini terjadi akibat gingivitis yang tidak diobati. Segera ke dokter gigi jika Anda mengalami sakit gusi, gusi merah, bengkak, pendarahan gusi, gigi tanggal, dan abses.

Jika Anda seorang wanita, perhatikan apakah nyeri gusi terjadi pada waktu-waktu tertentu dalam sebulan atau saat sedang hamil maupun menopause. Sebab, adanya perubahan hormon secara alami bisa menyebabkan sakit gusi.

Itulah sederet cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri secara alami. Cara ini cukup mudah, mengingat beberapa obat gusi bengkak alami ini bisa dibuat sendiri dengan mudah di rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru