HP Android hilang? Ini cara melacak HP yang hilang tanpa aplikasi, cuma pakai Google

Jumat, 05 November 2021 | 21:17 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
HP Android hilang? Ini cara melacak HP yang hilang tanpa aplikasi, cuma pakai Google

ILUSTRASI. HP Android hilang? Ini cara melacak HP yang hilang tanpa aplikasi, cuma pakai Google./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/22/09/2021.


KONTAN.CO.ID - Handphone (HP) Android Anda hilang? Jangan panik, ada cara mudah melacak HP yang hilang tanpa perlu aplikasi dan cuma pakai Google saja.

HP sudah menjadi perangkat yang tidak bisa terpisahkan dari kehidupan kita. Perangkat ini memiliki banyak sekali fungsi dari berkomunikasi hingga melakukan transaksi perbankan. 

Tidak heran jika smartphone hilang, kita akan panik karena banyak data penting yang tersimpan di dalam HP atau ponsel. Data yang terdapat di ponsel bisa disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Namun Anda tidak perlu khawatir, HP Android yang hilang tetap bisa dilacak keberadaannya dengan memanfaatkan layanan dari Google. 

Baca Juga: 5 Cara mengatasi hidung tersumbat dengan alami tanpa obat, bisa buat anak dan dewasa

Mengutip dari support.google.com, selain menemukan HP, pengguna Android juga bisa mengunci dan menghapus data ponsel yang hilang, dengan hanya menggunakan internet dan tanpa aplikasi. 

Bagaimana caranya? Mari simak cara untuk melacak HP yang hilang menggunakan Google di bawah ini. 

Cara melacak HP Android yang hilang menggunakan Google

1. Membuka situs https://android.com/find, lalu login ke Akun Google yang tersambung dengan HP Anda yang hilang. 

2. Klik pada ponsel yang hilang jika Anda memiliki lebih dari satu ponsel. 

3. Login dengan Akun Google yang ada di profil utama jika ponsel Anda yang hilang mempunyai lebih dari satu profil pengguna. 

4. Akan muncul notifikasi pada HP yang hilang dari Google Play Service. Kemudian akan muncul informasi lokasi HP Android Anda yang hilang. 

Lokasi yang tertera mungkin tidak akurat atau merupakan lokasi perkiraan. Jika HP Anda tidak ditemukan, Anda bisa melihat lokasi terakhir yang diketahui jika tersedia. 

Baca Juga: Ini perincian terbaru penyesuaian nilai ambang batas seleksi PPPK Guru 2021

Setelah mengetahui keberadaan ponsel, Anda bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini:

1. Mendatangi lokasi dan membuat HP Anda berdering selama 5 menit tanpa henti. 

2. Klik pada "Putar Suara" agar HP Anda yang hilang bisa berbunyi selama 5 menit meskipun dalam mode silent atau senyap. 

3. Klik "Amankan Perangkat". Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengunci ponsel dengan PIN pola, atau sandi. Anda juga bisa menambahkan pesan atau nomor yang bisa dihubungi ke layar kunci. 

4. Klik "Hapus Perangkat". Dengan memilih fitur ini, data yang terdapat di HP Android Anda akan dihapus secara permanen. 

Namun fitur hapus perangkat tidak memungkinkan Anda menghapus data yang terdapat di kartu SD dan Anda tidak bisa mencarinya lagi.

Demikian cara melacak HP Android yang hilang dengan Google dan tanpa aplikasi apapun. Untuk mengantisipasi kejadian kehilangan ponsel, pasang sandi dan 2-Step verification pada ponsel Anda.

Selanjutnya: Lowongan kerja terbaru BUMN Bank Mandiri November 2021, ini syaratnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru