HP cepat panas? Ini tips ampuh menjaga HP tetap dingin saat video call

Minggu, 15 Agustus 2021 | 07:40 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
HP cepat panas? Ini tips ampuh menjaga HP tetap dingin saat video call


TIPS & TRIK - Jakarta. Saat melakukan video call sering kali Handphone atau HP menjadi cepat panas. Agar suhu HP tetap terjaga ada beberapa tips yang bisa Anda coba.

Handphone atau HP Anda mungkin sering cepat panas saat digunakan untuk bekerja terutama saat video call. Selain cepat panas, baterai menjadi cepat habis saat digunakan untuk video call dalam waktu yang cukup lama. 

Hal ini tentu mengganggu aktivitas Anda saat melakukan video call untuk keperluan belajar daring atau bekerja. 

Untuk mengatasinya sering kali kita mengunduh aplikasi-aplikasi yang dipercaya mampu menurunkan suhu ponsel. Namun cara ini tidak sepenuhnya membantu masalah ponsel yang cepat panas.

Berikut ini tips dari Institut Teknologi Batam (Iteba) tentang cara mencegah HP cepat panas saat video call. 

  • Atur kecerahan layar

Untuk mencegah HP cepat panas terutama saat melakukan video call, sebaiknya atur terlebih dahulu kecerahan layar ponsel. 

Layar merupakan komponen utama yang dapat menghabiskan daya baterai. Ponsel saat ini sudah dilengkapi dengan fitur yang mumpuni. 

Anda bisa mengatur kecerahan layar,  menggunakan kecerahan adaptif, mengurangi kecepatan refresh layar, dan mengurangi waktu penguncian layar. 

Untuk menghindari handphone cepat panas, matikan kecerahan adaptif ponsel atau atur kecerahan layar tidak lebih dari 50 persen. 

Baca Juga: Ini daftar 15 PTKIN terbaik di Indonesia versi Webometrics 2021

  • Menghindari sinar matahari langsung

Ada banyak sumber panas eksternal yang membuat HP cepat panas salah satunya sinar matahari. Panas dari sinar matahari bisa berpengaruh pada komponen internal ponsel pintar Anda. 

Saat sedang melakukan video call saat belajar atau bekerja, hindari tempat yang terkena sinar matahari langsung. 

Cari tempat yang teduh namun memiliki pencahayaan yang cukup baik sehingga tidak perlu menaikkan kecerahan layar terlalu tinggi.

  • Mencopot aplikasi pendingin HP

Aplikasi pendingin HP sebenarnya tidak berfungsi seperti seharusnya. Bahkan aplikasi-aplikasi tersebut tidak jarang digunakan untuk mencuri data pribadi Anda. 

Sebaiknya Anda berhati-hati saat akan mengunduh aplikasi-aplikasi tambahan seperti pendingin HP untuk mencegah pencurian data.

Jadi agar ponsel Anda tidak cepat panas terutama saat melakukan video call, copot atau uninstall aplikasi pendingin di HP Anda. 

  • Menggunakan WiFi

Jika di rumah atau tempat Anda ada fasilitas WiFi sebaiknya menggunakan jaringan ini. Menggunakan data ponsel saat video call bisa membuat HP cepat panas dan baterai cepat habis. 

Aktifkan juga mode pesawat atau airplane mode untuk mencegah ponsel cepat panas. Hal ini dikarenakan antena operator dinonaktifkan sehingga mengurangi suhu ponsel. 

Selanjutnya: Sejarah pemberontakan Pangeran Diponegoro melawan Belanda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru